4 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Anak Terlahir Cerdas

shares |

4 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Anak Terlahir Cerdas 

Makanan sehat untuk ibu hamil adalah asupan yang harus senantiasa dikonsumsi demi menjaga kondisi ibu tetap sehat dan memastikan bayi yang dikandungnya berkembang dengan baik. Jangan sampai ibu hamil muda mendapatkan asupan nutrisi yang kurang karena bisa berdampak pada perkembangan janin.

Penting untuk diketahui, seorang ibu hamil membutuhkan 300 – 500 kalori tambahan dalam sehari di usia trimester dua dan trimester tiga. Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil ada ikan salmon yang bisa dikonsumsi agar anak cerdas, karena mengandung tinggi omega-3 seperti DHA dan EPA. 





Selain ikan salmon, ada apa saja sih makanan sehat untuk ibu hamil itu? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang tergolong sebagai makanan sehat untuk ibu hamil adalah kacang tanah, kacang kedelai, kacang polong, dan buncis. Makanan ini bisa dijadikan sumber protein, zat besi, kalsium, folat, dan serat bagi tubuh selama kehamilan. 

Beberapa nutrisi diatas sangat penting bagi kesehatan janin dan ibu hamil, khususnya di trimester pertama. Kalsium, protein, dan asam folat bisa mencegah beragam risiko penyakit dan kondisi cacat pada bayi ketika lahir.

Kacang polong bisa menjadi makanan harian ibu hamil, karena bermanfaat untuk menghindarkan bayi dalam kondisi lemah saat persalinan dan menjaga berat badan bayi agar tetap ideal.  

2. Telur

Telur adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang mudah didapat dan bergizi. Selain menawarkan banyak manfaat, telur juga tinggi akan kandungan vitamin. Salah satu kandungan pada telur adalah kolin, yang berperan penting bagi perkembangan otak janin.  

3. Produk susu

Produk susu cocok sekali dikonsumsi oleh ibu hamil karena menawarkan berbagai macam vitamin seperti magnesium, zat besi, dan Vitamin B. Dengan rutin minum susu, maka kesehatan tulang ibu dan bayi tetap terjaga dengan baik. 

Selain itu, ada juga kandungan probiotik yang akan menghindarkan kandungan dari bakteri, zat anti infeksi dan alergi. Sangat banyak sekali bukan manfaatnya?

4. Ubi

Ubi adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang cocok disantap di pagi hari. Ubi mengandung Vitamin A yang berperan penting dalam pertumbuhan jaringan dan sel pada janin. Silahkan rebus ubi dan jadikan ia sebagai camilan sehat Anda. 

Meskipun Vitamin A penting bagi perkembangan dan pertumbuhan sel pada janin, namun jangan sampai berlebihan. Karena Vitamin A yang berlebihan bisa memicu keracunan. Maka dari itu, tetap konsumsi pada jumlah yang wajar ya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 4 makanan sehat untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda untuk memilih makanan apa saja yang tepat bagi ibu hamil. 

Mengkonsumsi makanan yang sehat akan membantu kesehatan dan perkembangan janin. 


Semoga saja anak yang saat ini sedang Anda kandung lahir dengan selamat tanpa kekurangan apapun. 

Related Posts

0 comment:

Post a Comment