8+ Snack Sehat yang ramah di Kantong

shares |

Chemistricks.com - 8+ Snack Sehat yang ramah di Kantong

Manusia adalah makhluk biologis yang membutuhkan makan dan minum. Untuk menunjang aktivitasnya, diperlukan makanan dan minuman yang sehat untuk dikonsumsi. Selain mengkonsumsi makanan yang berat, ada kalanya menikmati sajian makanan ringan (snack) menjadi aktivitas yang menyenangkan. Cocok dilakukan sewaktu senggang sambil menonton televisi, berlibur, atau bahkan dikala sibuk dengan pekerjaan di kantor maupun di rumah.

Namun, tidak semua snack itu menyehatkan. Tidak mudah memang memilih snack sehat. Terlebih untuk buah hati. Tidak semua orang mampu membedakan snack yang sehat dan tidak. Ada snack yang sehat ada pula yang tidak sehat. Jika tak pandai memilih, mengkonsumsi snack bisa berbahaya bagi kesehatan. Jadi pastikan membaca sampai selesai halaman ini untuk mengetahui beberapa pilihan snack yang cocok dikonsumsi.


  • 1. Popcorn

Popcorn adalah makanan yang cukup populer, terutama bagi kalangan pecinta bioskop. Menonton bioskop identik dengan makanan popcorn. Namun, ada yang menyatakan bahwa popcorn tidak termasuk snack yang sehat karena ada keyakinan popcorn bisa menyebabkan kegemukan. Apakah anggapan ini keliru? Tidak sepenuhnya keliru. Tergantung bagaimana cara penyajian popcorn tersebut. Kadangkala popcorn yang dibuat ala kadarnya dan ditambahkan bumbu penyedap rasa secara berlebihan memang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Sehingga, alih alih menyehatkan, popcorn semacam itu justru berbahaya bagi kesehatan.

Solusinya adalah membuat sendiri snack sehat popcorn. Popcorn yang dibuat sendiri akan lebih sehat dikonsumsi. Popcorn yang terbuat dari jagung merupakan snack sehat yang kaya akan serat, rendah lemah, sekaligus kaya akan protein nabati. Dalam setiap kandungan per porsi penyajiannya (misalnya dalam ukuran 3 cangkir popcorn), mengandung 4 gram serat, hampir 4 gram protein, dan 1 gram lemak. Total kalori kira-kira 110, cukup untuk membuat perut sedikit terisi. Tentu saja snack sehat seperti ini sangat mendukung program diet kalian.


sumber gambar: Pixabay


  • 2. Dark Coklat

Cokelat sangat disukai anak anak dan juga orang dewasa. Rasanya yang enak sering menyebabkan kita "ketagihan" untuk mengkonsumsinya secara rutin. Namun, bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet, cokelat kadang ditinggalkan, sebab ada pendapat yang menyatakan bahwa cokelat bisa menyebabkan kegemukan.

Terdapat berbagai jenis coklat yang beredar di pasaran. Oleh sebab itu pemilihan jenis coklat yang baik sangat membantu untuk mendapatkan jenis snack sehat untuk dikonsumsi. Dark coklat bisa jadi merupakan  jenis coklat yang disarankan dan aman untuk dikonsumsi sebagai snack sehat. Berbeda dengan cokelat murahan yang biasa beredar di pasaran, dark coklat memiliki kadar kepahitan yang cukup tinggi. Kadar kepahitan tersebut dapat dilihat pada keterangan yang tertera pada kemasannya. Dark coklat cukup dikenal sebagai salah satu snack sehat solusi untuk menurunkan berat badan. Semakin tinggi persen, maka semakin pahit coklat tersebut. Dengan demikian, cokelat  apabila dikonsumsi dengan cara yang benar justru sangat baik untuk membakar lemak dalam tubuh.
Dark coklat sangat cocok dikonsumsi dikala santai dan rileks, mengejakan tugas di kantor maupun di rumah, cocok juga dibawa saat berlibur dan berwisata.  Selain itu dengan mengonsumsi dark coklat pada saat menjelang makan utama akan menekan rasa lapar. Cokelat akan membantu membakar lemak di perut.

Sumber gambar: Wikipedia

  • 3. Salad

Salad adalah hidangan aneka jenis sayur sayuran yang disajikan dengan suatu bentuk yang menarik. Campuran tersebut lazim disebut salad. Umumnya salad didominasi sayuran berwarna hijau dan merah. Bagi sebagian orang, terutama anak kecil, mengkonsumsi sayuran sama sekali tidak menarik. Mereka lebih menyukai memakan makanan junk food, atau snack pabrikan yang banyak sekali bumbu bumbu penyedap rasa yang berlebihan dan  tidak baik untuk kesehatan.
Oleh sebab itu, untuk mengatasi kemalasan mengkonsumsi sayuran, ada baiknya menyajikannya dengan bentuk yang menarik, yaitu dengan membuat salad. Jika makan makanan yang selama ini disajikan begitu membosankan, salad tidak demikian. Salad yang disajikan dengan mengkombinasikan berbagai warna tentu sangat menarik. Aktivitas ngemil snack sehat menjadi begitu menyenangkan.
Salad dapat disajikan dengan kombinasi warna putih, hijau, jingga, kuning, merah, dan ungu. Salad sangat menyehatkan, cocok juga bagi kalian yang menjalankan diet.

sumber gambar; Wikimedia

  • 4. Protein Bar

Protein bar adalah  snack sehat yang mengandung banyak sekali nutrisi.  Protein bar kaya akan protein. Protein bar sangat cocok disajikan bagi mereka yang terlalu sibuk dan tidak sempat menyajikan makanan snack sehat untuk dikonsumsi. Protein bar bisa digunakan sebagai sajian snack sehat sementara sembari menunggu makanan utama. Bahkan dalam berbagai kesempatan dapat menggantikan secara penuh makanan utama jikalau terlampau sibuk dan waktu yang memburu. Protein bar tersedia di berbagai toko. Sangat mudah untuk mendapatkannya sebagai snack sehat. Selain mudah didapatkan, harga protein bar juga terbilang murah.
sumber gambar: Wikimedia


  • 5. Madu

Madu telah lama dipercaya sebagai jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Madu dapat menghangatkan tubuh disaat kita kedinginan, madu juga dapat menurunkan suhu tubuh dikala panas dan demam. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi madu.
Ketika mulut berasa pahit, madu dapat memberikan rasa manis. Madu memiliki rasa yang menarik, manis, dan tentu saja sangat bergizi. Banyak sekali manfaat bisa Diperoleh dari makanan yang dihasilkan oleh lebah ini. Madu mengandung anti oksidan.
Madu bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi secara rutin, dapat  memperkecil kemungkinan seseorang terserang penyakit. Tentu lebih disarankan mengkonsumsi madu ketimbang menggunakan gula dan bahan pemanis buatan.
Mengkonsumsi madu jauh lebih sehat. Tidak ada efek samping yang beresiko ketika mengkonsumsi madu bahkan jika mengkonsumsinya berlebihan sekalipun. Salah satu kelebihan madu adalah aman dijadikan asupan yang bergizi bagi mereka yang menderita kolesterol tinggi. Salah satu buktinya madu bisa mengurangi kolesterol dan meninggakatkan HDL.

sumber gambar: Pixabay

  • 5. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu jenis minuman yang merupakan hasil dari olahan susu. Yogurt termasuk Snack sehat yang direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi. Yogurt memiliki keunggulan rendah gula, dan tinggi kalsium. Yogurt memiliki kandungan kalsium tinggi yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi. Mengkonsumsi yogurt punya manfaat yang sama dengan mengkonsumsi susu, hanya saja rasanya lebih segar dan enak. Yogurt tidak eneg, sedangkan susu kadang eneg.
Yogurt kaya akan kalsium, kaya akan magnesium, dan kaya akan fosfor. Ketiga nutrisi tersebut adalah mineral paling penting bagi kesehatan tulang. Anda yang sedang menjalankan program diet dan ingin menurunkan berat badan tubuh, konsumsilah yogurt secara rutin. Snack sehat yang yang rendah gula atau rendah lemak ini akan membantu keberhasilan program anda. Salah satu favorit saya untuk membeli yogurt adalah di Cimory Kabupaten Semarang.

Sumber gambar: Wikimedia

  • 6. Apel

Apel merupakan buah yang cukup digemari oleh kebanyakan orang. Rasanya yang enak, dan harganya relatif terjangkau. Apel sangat baik  untuk dikonsumsi secara rutin. Ketika lapar tetapi ingin menunda makan karena sedang menjalankan program diet, kita bisa mengkonsumsi buah apel. Bahkan, oleh salah satu pakar kesehatan terkemuka kita dianjurkan untuk makan buah apel setidaknya satu dalam sehari.

Satu buah apel yang dikonsumsi akan langsung memberikan reaksi yang positif bagi tubuh. Saat lapar bisa langsung membuat perut  kenyang. Apel mengenyangkan karena apel memiliki kandungan serat yang tinggi.

Seseorang yang ingin menurunkan berat badan tubuh, biasanya menyertakan buah apel dalam menu snack yang wajib dikonsumsi. Apel dapat dimakan secara langsung tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Cukup dicuci hingga bersih, apel siap untuk dikonsumsi.Salah satu manfaat tambahan buah apel yang sangat saya sukai adalah memutihkan gigi.

Sumber Gambar: Pixabay

  • 7. Alpukat

Alpukat dipercaya memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Alpukat memiliki kandungan lemak baik. Yaitu lemak tak jenuh yang justru bermanfaat. Tidak seperti lemak lemak yang terkandung dalam daging, lemak dalam daging jerohan kadang menimbulkan berbagai penyakit, dalam alpukat tidak. Lemak dalam alpukat baik untuk tubuh.
Alpukat bisa dimakan langsung atau dicampur dengan makanan lain. Alpukat bisa dicampur dengan bersama dengan salad. Alpukat sangat bermanfaat. Satu buah alpukat yang ukuran kecil mengandung banyak manfaat. Sebuah alpukat kecil memiliki kalori sebesar 220, 9 gram serat, potassium, vitamin B6, dan C.

sumber gambar: wikimedia

  • 8. Almond


Snack sehat berikutnya adalah almond. Almond bisa dijadikan alternatif  yang kaya akan sumber protein terbaik selain susu.
Jenis kacang-kacangan ini sangat bermanfaat dan memiliki protein tinggi. Ada banyak jenis kacang yang dijual, dan semuanya memang bagus. Apalagi almond, kacang satu ini sangat sering direkomendasikan untuk dikonsumsi. Almond sangat cocok dijadikan makanan ringan, kalian juga tak perlu takut gendut memakannya. Dari hasil studi yang dilakukan, orang-orang yang mengkonsumsi 40 kacang almond dalam sehari, bisa merasa lebih kenyang daripada mengkonsumsi kacang jenis lain. Kacang almond mengandung serat tinggi, protein, dan lemak sehat. Cocok juga dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

sumber gambar: wikimedia

  • 9. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan wajib bagi mereka yang menginginkan asupan makanan yang sehat. Oatmeal adalah sereal gandum yang memiliki citarasa yang lezat, cocok untuk snack sehat pilihan. Oatmeal dapat dihidangkan dengan beragam kreasi, yaitu dengan mengkombinasikan penyajiannya bersama makanan lain yang juga menyehatkan. Hal ini membuat oatmeal terlihat cantik dan menarik.
Oatmeal adalah snack sehat yang mempunyai beragam manfaat bagi tubuh. Oatmeal kaya akan protein, vitamin, serat, dan mineral. Oatmeal sangat cocok untuk dikonsumsi oleh berbagai macam usia. Jika terjadi kebosanan ketika harus mengkonsumsinya secara rutin, Anda dapat mengkombinasikan dengan buah, susu, yogurt, atau selai kacang agar oatmeal terasa lebih enak.

sumber gambar: wikipedia
Nah, itulah beberapa snack sehat yang dapat direkomendasikan untuk menu keseharianmu. Selain sehat, tentu ramah di kantong.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment