Tata Nama IUPAC dan mengenal organisasi IUPAC

shares |


Tatanama IUPAC adalah sistem penamaan senyawa kimia dan penjelasan ilmu kimia secara umum. Tatanama ini dikembangkan dan dimutakhirkan di bawah pengawasan International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC).

International Union of Pure and Applied Chemistry atau disingkat IUPAC adalah suatu organisasi non pemerintah yang didirikan pada tahun 1919 dan ditujukan untuk pengembangan kimia. Anggota-anggotanya terdiri dari masyarakat kimia nasional dari berbagai negara. Organisasi ini terutama dikenal sebagai otoritas yang diakui untuk mengembangkan standar untuk penamaan unsur dan senyawa kimia, melalui Komite Antardivisi untuk Tatanama dan Simbol (Interdivisional Committee on Nomenclature and Symbols). Organisasi ini adalah anggota dari International Council for Science (ICSU).
Aturan penamaan senyawa organik (tatanama organik) dan inorganik (tatanama anorganik) dimuat dalam dua publikasi, yang dikenal dengan nama Blue Book  dan Red Book. Publikasi ketiga, yang dikenal dengan nama Green Book , memuat rekomendasi untuk penggunaan simbol untuk kuantitas fisik (dengan bekerja sama dengan IUPAP). Sementara itu, buku keempat, Gold Book , memuat definisi dari banyak istilah teknis yang digunakan dalam kimia. Terdapat pula publikasi serupa untuk biokimia  (dengan kerja sama dengan IUBMB), kimia analitik , serta kimia makromolekular . Semua publikasi ini didukung oleh rekomendasi yang lebih pendek untuk kondisi spesifik yang dipublikasikan secara berkala dalam jurnal Pure and Applied Chemistry.

Adapun Dewan Internasional Serikat Ilmiah atau International Council for Science (ICSU) adalah organisasi non-pemerintah dengan keanggotaan global yang terdiri dari badan ilmiah nasional (121 anggota mewakili 141 negara) dan organisasi ilmiah internasional (31 anggota).

Organisasi ini didirikan pada tahun 1931 untuk mempertemukan para ilmuwan dalam kegiatan sains internasional.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment