Mengenal Alchemis Zosimos dari Panopolis

shares |

Chemistricks.com - Mengenal Alchemis Zosimos dari Panopolis

Zosimos dari Panopolis (bahasa Yunani: Ζώσιμος; juga dikenal dengan nama Latin Zosimus Alchemista, berarti "Zosimus the Alchemist") merupakan seorang alkemis Yunani dan mistikus Gnostik yang hidup di akhir abad ke-3 dan awal abad ke-4 Masehi.
Related image
Zosimos

Zosimos lahir di Panopolis, saat ini adalah Akhmim di selatan Mesir, dan berkembang pesat sekitar tahun 300. Ia menuliskan buku-buku tertua tentang alkimia, yang ia sebut "Cheirokmeta," menggunakan bahasa Yunani yang berarti "hal-hal yang dibuat dengan tangan". Potongan dari karya ini bertahan hidup dalam bahasa Yunani asli dan pada terjemahan dalam Suryani atau Arab. Ia merupakan salah satu dari sekitar 40 penulis yang digambarkan dalam ringkasan dari tulisan alkimia yang mungkin disatukan di Konstantinopel pada abad ke-7 atau abad ke-8 Masehi dan yang terdapat dalam naskah di Venesia dan Paris.

Terjemahan bahasa Arab dari teks oleh Zosimos ditemukan pada tahun 1995 dalam sebuah salinan buku Keys of Mercy and Secrets of Wisdom oleh Ibn Al-Hassan Ibn Ali Al-Tughra'i', seorang alkemis Persia. Sayangnya, terjemahan tersebut tidak lengkap dan tampaknya non-verbatim.[4] Indeks ternama dari buku berbahasa Arab, Kitab al-Fihrist oleh Ibn Al-Nadim, menyebutkan terjemahan lebih awal dari empat buku oleh Zosimos, namun karena inkonsistensi dalam transliterasi, teks-teks tersebut dihubungkan dengan nama "Thosimos", "Dosimos" dan "Rimos"; juga ada kemungkinan bahwa dua dari mereka adalah terjemahan dari buku yang sama.

F. Sezgin telah menemukan 15 manuskrip dari Zozimos dalam enam perpustakaan, di Teheran, Kairo, Istanbul, Gotha, Dublin dan Rampur. Michèle Mertens menganalisis apa yang diketahui mengenai naskah-naskah dalam penerjemahan nya dari Zozimos, menyimpulkan bahwa tradisi Arab tampaknya sangat kaya dan menjanjikan, dan menyesali kesulitan dalam akses ke bahan-bahan ini, sampai edisi terjemahan tersedia. []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment