Ketika Telur Palsu beredar di Pasaran, kita bisa apa?

shares |

Telur adalah makanan sehat yang masuk dalam kategori 4 sehat 5 sempurna. Telur mengandung banyak protein untuk membangun tubuh. Oleh sebab itu, telur bisa dijadikan menu keseharian. Telur sangat mudah didapatkan. Dengan harga yang relatif terjangkau, telur banyak dikonsumsi orang dewasa maupun anak anak. Apalagi, telur dapat dibuat menjadi berbagai makanan olahan sehingga cocok dijadikan sebagai lauk atau disantap langsung.
Nah siapa sangka kini telur palsu pun telah beredar di pasaran akibat kreatifitas manusia seolah tiada batas. Sayangnya, kreativitas itu seringkali disalahgunakan untuk membodohi dan membohongi supaya mendapatkan banyak keuntungan materi. Ketahui telur yang anda santap itu telur asli atau telur palsu. Alih-alih mendapatkan makanan kaya protein, jika mengkonsumsi telur palsu tentun tidak baik untuk kesehatan.
Ngeri kan?

Berikut ini akan diputer video tentang pembuatan telur palsu dan bagaimana cara membedakannya.
Bahan Dasar Untuk Membuat Telur Palsu :
Bahan dasar yg di pakai untuk membuat telur palsu ini yaitu sodium alginate, pewarna makanan, gelatin dan bahan2 kimia lainnya seperti glucolactone, calsium chloride. Dari 1 kg sodium alginate bisa menghasilkan 150 kg telur palsu. Keuntungan yg sangat besar bila di bandingkan jual 1 kg telur ayam asli. Disamping itu telur palsu anti busuk serta tahan lama karena menggunakan bahan pengawet.
Beberapa bahan kimia yg di campurkan utk membuat telur palsu ini sangat berbahaya misalnya
Calsium chloride (utk membuat kulit telur) , alum (sejenis bahan pelembut) , benzoic acid (bahan pengawet) , cellulose bisa menyebabkan kerusakan syaraf, gangguan metabolisme hingga kerusakan hati.

lantas bagaimana cara membedakan telur tersebut asli atau palsu? berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk mendeteksi keaslian telur. Kenali ciri-ciri berikut:


  • Telur palsu bila di pecahkan merah serta putih telur langsung bercampur karena di buat dari bahan mentah yang sama.
  • Telur palsu kulitnya lebih mengkilap tapi biasanya tak terlalu nyata perbedaannya
  • Telur palsu jika di kocok akan terdengar seperti ada air didalamnya
  • Telur asli agak berbau amis
  • Ujung telur asli bila di ketuk terdengar nyaring.
  • Ketika di goreng, merah telur yg palsu langsung tercampur tanpa di aduk.
Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan share jika anda peduli dengan kesehatan anda dan keluarga anda. []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment