Beberapa tempat terbaik untuk menikmati keindahan malam 6 Agustus 2016

shares |

Ada fenomena alam luar biasa yang menghiasi langit pada malam hari tanggal 6 Agustus nanti. Peristiwa apa itu sehingga LAPAN menghimbau untuk mematikan lampu pada pukul 20.00 - 21.00 WIB?
Matikan Lampu, Yuk Saksikan Keindahan Malam Langit Gelap 6 Agustus Nanti
Menurut LAPAN, pada malam itu Galaksi Bima Saksi dengan ratusan miliar bintang membentang dari Utara ke Selatan menampilkan sinarnya. Fenomena langka ini akan sempurna kita saksikan ketika masyarakat mematikan lampu pada jam yang telah ditentukan. Dengan demikian, langit akan memperlihatkan pemandangan yang menakjubkan.
Paling tidak, lampu-lampu yang berada di luar ruangan dihimbau untuk dimatikan termasuk lampu jalanan. Pukul 20-21 WIB merupakan saat yang tepat untuk mematikan lampu dan mengamati langit, sebab pada saat itu ketika langit mulai gelap total (karena matahari sudah jauh terbenam dan cahaya senja sudah menghilang) sementara itu aktivitas di luar ruangan mulai berkurang. Kita semakin berpeluang besar untuk mengamati langit yang cerah bertabur bintang kalau gangguan polusi cahaya diminimalkan.
Untuk itu mulai sekarang mari bersama-sama mengkampanyekan gagasan Taman Langit Gelap dan Kegiatan Malam Langit Gelap (Dark Sky Night) yang digagas oleh lapan supaya dapat menyaksikan keindahan langit besama-sama. Tanggal 6 Agustus kebetulan juga bertepatan dengan Hari Keantariksaan.

Beberapa tempat terbaik yang dapat digunakan untuk menyaksikan keindahan malam 6 Agustus 2016 ini antara lain adalah (sumber https://eloratour.wordpress.com):

1. GUNUNG GEDE, JAWA BARAT :
Taburan Bintang di Langit Gunung Gede eloratour
Salah satu tempat terbaik untuk melihat taburan bintang Galaksi Bimasakti di Indonesia adalah di Gunung Gede, yang berlokasi di Taman Nasional Gede Pangrango.  Terletak di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Di siang hari, suhu udara di Gunung Gede berkisar 18 derajat celcius, sedangkan suhu puncak di malam hari bisa mencapai 5 derajat celcius.

Untuk melihat taburan bintang Galaksi Bima Sakti, berkemahlah di alun-alun Suryakencana yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Sambil berkemah, menikmati secangkir kopi hangat, kita bisa puas memandangi keindahan langit malam yang dihiasi taburan bintang.

2. DATARAN TINGGI DIENG, JAWA TENGAH
Taburan Bintang di Langit Dieng eloratour
Taburan Bintang di Langit Dieng
Salah satu tempat terbaik untuk melihat taburan bintang Galaksi Bimasakti di Indonesia juga ada di Dataran Tinggi Dieng. Dari sisi tenda, kita bisa menyaksikan pesona ribuan bintang dalam bentangan langit di atas Candi Arjuna, Gunung Prau, Dieng, serta di Bukit Sikunir.

3. GUNUNG MERAPI, YOGYAKARTA

Taburan Bintang di Langit Merapi eloratour
Taburan Bintang di Langit Merapi, Gunung Merapi merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat taburan bintang Galaksi Bimasakti di Indonesia .  Dalam dingin yang menyelimuti, kita bisa menyaksikan pesona ribuan bintang berpadu anggunnya merapi yang menjulang.

4. PANTAI PANTAI DI LAMPUNG

Taburan Bintang di Langit Kelumbayan eloratour
Taburan Bintang di Langit Pantai Batu Layar, Tak harus mendaki gunung untuk menikmati taburan bintang di langit. Bagi kalian yang kurang hobi mendaki gunung namun ingin melihat Milky Way, pantai-pantai di Lampung dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk tetap bisa menikmati Milky Way.
Selain  kemegahan Pantai Batu Layar atau Batu Gigi Hiu, Kelumbayan, kita juga bisa menikmati Taburan Bintang di Pantai Pahawang, Pantai Tanjung Putus, Pantai Merak Belatung, dan lain-lain.

5. PANTAI – PANTAI DI GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA

Taburan Bintang di Langit Pantai Kukup eloratour
Taburan Bintang di Langit Pantai Kukup Gunung Kidul, Pantai-pantai di Gunung Kidul ini dapat menjadi salah satu opsi terbaik untuk tetap bisa menikmati Milky Way. Selain  Pantai Kukup, kita juga bisa menikmati Taburan Bintang di Pantai Krakal,  dan Pantai Drini.

6. GUNUNG BROMO, JAWA TIMUR

Taburan Bintang di Langit Bromo eloratour
Taburan Bintang di Langit Bromo, Pesona keindahan Gunung Bromo sudah tersiar hingga ke berbagai penjuru dunia. Selain dapat melihat sunrise, sunset, dan lautan pasir luas bak Gurun Sahara, di Gunung Bromo kita pun dapat melihat fenomena Milky Way. Fenomena Milky Way di Gunung Bromo disebut-sebut sebagai salah satu yang terindah di dunia.

7. RANU KUMBOLO, KAKI GUNUNG SEMERU, JAWA TIMUR

Taburan Bintang di Langit Ranu Kumbolo eloratour
Taburan Bintang di Langit Ranu Kumbolo, Ranu Kumbolo adalah danau air tawar yang terletak di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru.  Danau Ranu Kumbolo ini menjadi tempat transit bagi para pendaki dalam perjalanan mereka untuk mencapai puncak Mahameru. Para pendaki mendirikan tenda di dekat Danau Ranu Kumbolo, dan di malam hari mereka bisa menyaksikan taburan gugusan bintang Milky Way.

8. TANJUNG PAPUMA, JEMBER, JAWA TIMUR

Taburan Bintang di Langit Tanjung Papuma eloratour
Taburan Bintang di Langit Tanjung Papuma, Tanjung Papuma terletak di Kecamatan Wuluhan, sekitar 45 km arah selatan Kota Jember, Jawa Timur.  Tanjung Papuma memiliki keindahan pantai yang eksotis berupa pantai berpasir putih, dengan batu-batu karang besar.  Keindahan Pantai Papuma semakin bertambah dengan didampingi sebuah pulau karang di tengah laut yang dinamai Pulau Kodok. Tak heran jika Pantai Papuma menjadi salah satu Tempat Wisata Menawan di Jawa Timur yang ramai dikunjungi wisatawan.
Sesuai namanya yang merupakan akronim dari “Pasir Putih Malikan“, di pantai ini memang terdapat batu-batu malikan yang dapat mengeluarkan bunyi serupa musik saat terkena ombak. Tanjung Papuma ini menjadi salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk melihat Milky Way.

9. SEGARA ANAKAN, LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT

Taburan Bintang di Langit Segara Anakan eloratour
Taburan Bintang di Langit Segara Anakan, Segara Anakan yang memiliki arti “Anak Laut” adalah danau kawah Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Danau Segara Anakan adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat Milky Way di Indonesia. Dengan berkemah di tepi Danau Segara Anakan kita bisa menikmati indahnya fenomena Milky Way.

10. PULAU KEPA, ALOR, NUSA TENGGARA TIMUR

Taburan Bintang di Langit Pulau Kepa eloratour
Taburan Bintang di Langit Pulau Kepa, Pulau Kepa merupakan sebuah pulau kecil yang berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari kota Kalabahi, ibu kota Kepulauan Alor.  Jarak antara Kepulauan Alor Kecil dengan Pulau Kepa hanya sekitar 500 meter, sehingga terlihat dengan mata telanjang.
Pulau Kepa memiliki pantai berpasir putih, dengan laut biru jernih yang menyimpan keindahan terumbu karang. Alor merupakan surga terumbu karang.  Keindahan alam bawah lautnya, dipadu dengan jutaan kerlip bintang dari Milky Way di langit malam.

11. WAE REBO, NUSA TENGGARA TIMUR

Taburan Bintang di Langit Wae Rebo eloratour
Taburan Bintang di Langit Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur memang surganya Milky Way. Selain Pulau Kepa, masih ada Desa Wae Rebo yang terletak di Kabupaten Manggarai, Kecamatan Satarmese Barat. Ciri khas Desa Wae Rebo yang masih sangat terjaga keasriannya, adalah tujuh buat rumah kerucut Flores yang dinamakan Mbaru Niang.
Walaupun di Desa Wae Rebo sudah ada listrik, namun Desa Wae Rebo masih cukup bersih dari polusi cahaya. Itulah sebabnya mengapa kita bisa menikmati Milky Way dengan cukup jelas dari sini.


selamat berakhir pekan! []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment