Hal Mendasar tentang Sifat dan Perubahan Materi dalam Ilmu Kimia

shares |

 
Ilmu kimia memberikan andil yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Pernahkah Kita berfikir bahwa, Kita hidup diantara bahan bahan kimia dan proses kimia? Tanpa kita sadari, mulai dari unsur unsur pembentuk tubuh dan berbagai aktivitas manusia, yang dilakukan di rumah, di sekolah, di tempat kerja, bahkan di luar angkasa sekalipun, tidak terlepas dari proses kimia.

Mari bersama sama mencermati apa saja bahan kimia yang ada di sekitar kita, kemudian mempelajari proses proses yang menyertainya, sehingga dapat Kita manfaatkan dalam kehidupan Kita. Alam semesta beserta isinya adalah materi. Materi tersebut diperlukan manusia untuk kelangsungan hidupnya. Udara yang kita hirup, tanaman, hewan yang kita makan, dan sumber energi, seperti minyak bumi yang kita perlukan setiap hari termasuk materi. Materi di alam ada yang dapat diperbaharui, dan ada juga yang tidak dapat diperbaharui.

Ilmu Kimia berperan untuk mencari materi alternatif, misalnya penggunaan sel bahan bakar sebagai bahan bakar alternatif, untuk menggantikan minyak bumi yang dapat habis. Di samping itu ilmu kimia juga berperan dalam peningkatan kualitas hidup, dengan cara mengubah materi yang ada menjadi.materi yang lebih bermanfaat. Contohnya : dari minyak bumi dapat diubah menjadi produk bahan bakar, cat, detergan, pupuk, plastik dan lain lain.
Dalam ilmu kimia kita dapat mengetahui bagaimana benda atau materi di alam raya dapat diubah dari bentuk yang ada dengan sifat-sifat tertentu menjadi bentuk-bentuk lain dengan sifat-sifat yang berbeda. Misalnya: ilmu kimia memberikan pengetahuan yang memungkinkan untuk perubahan bentuk minyak alami menjadi berbagai jenis bahan baku sejumlah plastik, obat-obatan, dan pestisida.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment