Yuk Yuk Cegah Bayi Cacat Lahir dengan asam folat

shares |

Chemistricks.com - Yuk Cegah Bayi Cacat Lahir dengan asam folat
Bayi yang lahir sehat dan sempurna tentu didambakan oleh setiap orang tua.Agar harapan tersebut dapat terpenuhi. Anda pun harus sehat. Salah satu langkah untuk mencegah cacat lahir pada bayi adalah dengan mencukupi kebutuhan Folat setiap hari, terutama sebelum pembuahan dan selama awal-awal kehamilan.

Kendati penting, asupan Folat pada masa-masa awal kehamilan kurang diperhatikan oleh banyak calon ibu. Hal ini disebabkan, mereka umumnya tidak menyadari adanya kehamilan pada awal-awal minggu karena tidak merencanakan kehamilan sebelumnya. Kehamilan baru diketahui setelah calon ibu telat dating bulan ketika diperiksa usia kandungan sudah beberapa minggu. Karena itu, konsumsi makanan pun tidak dipersiapkan khusus untuk memenuhi kebutuhan janin yang didalam kandungan
Pentingnya_Folat
Folat memainkan peran sangat penting dalam pertumbuhan janin terutama pada awal kehamilan. Pada hari ke 17 hingga ke-30 setelah pembuahan, tabung saraf mulai dibentuk kemudian akan menutup. Tabung saat ini nantinya akan berkembang menjadi sumsum tulang belakang, otak, tulang belakang dan tulang tengkorak.
Apabila pada masa ini asupan Folat kurang, tabung saraf tidak bias menutup dengan sempurna. Sehingga bayi akan lahir dengan kondisi cacat pada otak dan saraf tulang belakang atau neural tube defect. Bentuknya bias berupa spina bifida (tulang belakang tidak menutup) anecephaly(tidak memiliki tengkorak) atau encephaly (radang otak)

Kekurangan Folat juga menyebabkan bayi lahir dengan bibir sumbing,brat badan bayi saat lahir rendah, keguguran dan sindroma down. Selain itu, bayi bias mengalami kelainan pembuluh darah. Bayi yang lahir dengan cacat batang saraf.apabila bias bertahan hidup,akan mengalami gangguan buang air besar dan buang air kecil, tidak mampu berjalan tegak dan gangguan belajar.

Kebutuhan_Folat
Wanita usia subur, terutama yang sedang merencanakan kehamilan membutuhkan 400mcg Folat setiap hari.Kebutuhan ini meningkat 50% pada sat kehamilan, sekitar 600mcg setiap hari. Asupan Folat yang mencukupi pada 2-3 bulan sebelum pada awal kehamilan dapan mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi.


Kebutuhan Folat dapat dipenuhi dengan banyak memperbanyak konsumsi, sayuran hijau, dan buah buahan segar seperti brokoli, jeruk, atau abayam, Namun proses pemasakan menyebabkan 80% Folat hilang sehingga konsumsi sayuran dan buah yang kaya folat seringkali kurang efektif. Ibu hamil biasanya dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang diperkaya Folat untuk memenuhi kebutuhan harian Folat.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment