Perilaku yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan mata

shares |

Chemistricks.com - Perilaku yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan mata

Tidur dengan lensa kontak
Memakai lensa kontak memang cukup membantu dalam pekerjaan supaya dapat melihat lebih jelas tapi tidak sedikit oang yang mau melepasnya sebelum tidur karena rasa malas. Padahal kebiasaan ini bisa merusak kesehatan mata. Kenapa? Karena lensa kontak akan menghambat oksigen, pelumas dan nutrisi yang dibutuhkan kornea mata. Kebiasaan inilah yang membuat mata kering dan merah keesokan harinya.

Layar komputer
Sepanjang hari bekerja di depan komputer bisa membuat mata lelah dan kering. Untuk mencegahnya, kamu bisa beri jarak sekitar 20 inci antara mata dan layar komputer. Selain itu, cara lainnya adalah dengan memberi mata waktu istirahat dengan menghadap ke arah lain selama 20 detik.


Jangan menggosok mata
Memang cukup logis bila menggosok mata untuk menghilangkan rasa gatal di mata. Namun, kebiasaan ini malah memicu iritasi pada mata. Selain itu tangan juga akan menularkan virus dan bakteri pada mata yang ujung-ujungnya bisa mengakibatkan infeksi. Cara aman ketika debu masuk dalam mata maka percikkan air dingin pada mata.

Mengabaikan kacamata hitam
Mata sama halnya dengan kulit yang sama-sama membutuhkan perlindungan dari serangan UV matahari. Paparan sinar matahari yang terlalu lama kena mata bisa mengakibatkan degenerasi makula. Jadi selalu gunakan kacamata hitam ketika berada di pantai atau matahari bersinar terang.

Jarang membersihkan peralatan make-up
Peralatan make-up yang jarang dibersihkan bisa menyebabkan berkembangnya bakteri yang dapat mengakibatkan konjungtivis bahkan paling parah infeksi. Oleh karena itu, bersihkan make-up anda minimal sebulan sekali.

Menggunakan bulu mata palsu
Menggunakan bulu mata palsu memang bisa mempercantik anda tapi bulu mata juga mengumpulkan kotoran atau debu di dalamnya yang dapat merusak kesehatan mata. Jika tidak terlalu penting, hindari penggunaan bulu mata palsu dan setelah dipakai jangan lupa untuk dibersihkan setelah selesai digunakan.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment