Kamu sering begadang? Jangan lakukan lagi setelah membaca artikel ini

shares |

Chemistricks.com - Kamu sering begadang? Jangan lakukan lagi setelah membaca artikel ini
Begadang merupakan suatu kegiatan untuk tidak tidur ketika malam hari tiba. Biasanya begadang dilakukan ketika sedang banyak pekerjaan, atau menonton siaran olahraga.
Memang begadang kadang mengasyikkan apabila ditemani oleh teman-teman atau orang yang kita sayangi, namun tidak dapat dipungkiri bahwa begadang menyebabkan gangguan kesehatan.
Inilah beberapa kerugian akibat sering begadang.

1.Beresiko Terkena Darah Tinggi
            Kenapa orang yang sering bergadang beresiko terkena darah tinggi ? salah satu alasannya adalah orang yang bergadang berarti kurang tidur dan orang yang kurang tidur dapat menyebabkan stress. Salah satu penyebab anda menderita tekanan darah tinggi adalah karena Strees ini.
2.Beresiko Melemahkan Saraf
            Anda yang rutin bergadang, secara tidak langsung akan mempengaruhi sistem saraf pusat.Ini berakibat sistem saraf menjadi lemah begitupun kepada refleks anda juga akan melemah.
3.Beresiko Terkena  Diabetes
            Orang yang seringkali bergadang kemungkinan besar terkena Diabetes.Hal ini terjadi karena kebiasaan tidur tengah malam atau larut malam akan mengganggu stabilitas  hormon yang ada pada tubuh terutama hormon insuline.
4.Beresiko Memicu Penyakit Jantung dan Struke
            Hal ini dapat terjadi karena jantung kita tidak mendapatkan istirahat yang cukup, padahal sama halnya dengan anggota tubuh lainnya, jantung juga harus mendapatkan istirahat yang cukup agar dapat tetap sehat. Kurang tidur atau begadang sama halnya memberikan tekanan kepada jantung untuk bekerja lebih sehingga tekanan-tekanan tersebut dapat menjadi struke dan penyakit jantung.
5. Anemia
            Kurang tidur dapat menyebabkan anda terkena anemia atau kurang darah.Hal ini di sebabkan terganggunya hormon-hormon dan pembentukan sel darah merah dalam tubuh yang di sebabkan oleh metabolisme tubuh yang tidak seimbang.
6.Sakit Kepala
            Kurang tidur juga dapat membuat anda terkena sakit kepala.Ini di sebabkan karena otak yang tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup.Terus terusan kurang tidur akan menyebabkan sel sel yang ada pada otak menjadi rusak dan berakibat timbulnya gangguan – ganguan pada kepala seperti pusing dan lain-lain.
7.Timbul Jerawat
            Muncul jerawat di wajah adalah sangat mungkin.Kenapa bisa ? karena saat anda terus-terusan rutin begadang akan menyebabkan perasaan anda gelisah, tertekan, stress, tidak tenang dan perasaan perasaan itu akan menyebabkan sel hormon adrogen dan insulin produksinya meningkat.Hormon hormon inilah yang akan menyebabkan jerawat anda muncul di wajah anda.
8.Nampak Kerutan dan Kantung Mata
            Biasanya orang yang sering begadang, akan terlihat di wajahnya kerutan-kerutan dan juga kantung di matanya.Kenapa bisa demikian ? Ini di akibatkan proses regenerasi sel-sel tubuh tidak berjalan dengan baik.Saat kita tidak tidur atau saat anda begadang maka tidak terjadi proses regenerasi sel-sel tubuh tersebut.Lalu pada akhirnya anda akan menjadi cepat tua dan keriputan.
9.Membuat wajah lebih berminyak
            Begadang akan menyebabkan meningkatnya hormon insulin.Meningkatnya hormon insulin ini nantinya akan menyebabkan sebum pada wajah.Dan akhirnya sebum inilah yang akan menyebabkan wajah berminyak.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment