Mengatasi Gigi sensitif dengan Potasium nitrat, begini caranya

shares |

Chemistricks.com - Mengatasi Gigi sensitif dengan Potasium nitrat, begini caranya
Keluhan Gigi Sensitif sering kita alami ketika kita sedang menikmati makanan es krim, makan, atau bahkan ketika sedang minum, menggosok gigi, atau saat menggunakan benang flos. Keluhan itu berupa rasa nyeri yang sangat tajam. Rasa nyeri yang tajam akan sangat terasa ketika makan makanan yang panas, dingin, manis dan asam.
Keluhan gigi sensitif ini diakibatkan oleh lapisan enamel gigi yang menipis atau bagian akar gigi yang terekspos (dapat karena gigi yang berlubang atau karena garis gusi yang menurun). Lapisan enamel adalah lapisan pelindung terluar gigi, di dalamnya terdapat lapisan dentin gigi. Apabila lapisan enamel menipis maka lapisan dentin akan lebih mudah terekspos, dan hal itulah yang menimbulkan rasa nyeri.
Gigi sensitif juga dapat merupakan efek sampping dari prosedur bleaching (pemutihan gigi). Rangsangan yang dapat memicu timbulnya rasa nyeri yang tajam tersebut dapat berupa rangsangan suhu (panas atau dingin), rangsangan rasa manis, atau rasa asam.

bagaimana cara mengatasinya?

Datanglah ke dokter gigi apabila anda mengalami keluhan tersebut. Dokter gigi akan mencari penyebab gigi sensitif anda dan memberikan terapi yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Beberapa hal yang akan dokter gigi anda berikan diantaranya adalah:

Pasta gigi khusus untuk gigi sensitif (Desensitizing toothpaste)

Pasta gigi khusus ini dapat mengurangi keluhan nyeri, baik ketika anda menggosok gigi maupun setelahnya ketika anda makan dan minum. Kandungan strontium klorida dan potassium nitrat di dalamnya akan memblok rangsang nyeri. Hasil yang optimal dari penggunaan pasta gigi ini dapat anda rasakan setelah kurang lebih satu bulan penggunaan.

Fluoride

Dokter gigi anda juga dapat mengoleskan lapisan flouride pada daerah gigi sensitif anda. Fluoride berfungsi untuk membantu memperkuat lapisan enamel sehingga mengurangi paparan pada lapisan dentin. Fluoride akan mencegah proses demineralisasi (pengikisan) enamel oleh asam yang dihasilkan bakteri di rongga mulut. Fluoreide juga akan berakumulasi di area gigi yang sudah mengalami demineralisasi, kemudian melakukan remineralisasi untuk memperkuat lapisan enamel.
Dental sealant

Dental sealant atau tambalan gigi adalah lapisan pelindung yang biasa dipasang pada permukaan kunyah gigi. Dokter gigi akan memberikan lapisan ini apabila penyebab dari gigi sensitif anda adalah akibat gigi berlubang atau ada bagian dari akar gigi yang terekspos akibat terjadinya penurunan garis gusi.
Root canal

Root canal adalah prosedur yang dapat dokter gigi anda lakukan apabila anda mengalami keluhan nyeri yang berat, sangat mengganggu, dan atau terapi yang lain kurang dapat mengatasi keluhan anda. Prosedur ini biasa dilakukan pada gigi yang sudah berlubang, mengalami infeksi, hingga mengiritasi pulpa gigi. Prosedur ini dilakukan dengan ‘membuang’ bagian pulpa dan syaraf gigi, kemudian bagian dalam gigi dibersihkan dan diisi dengan tambalan.


Untuk mencegah berulangnya keluhan gigi sensitif, dokter gigi akan menyarankan anda untuk menjaga kebersihan rongga mulut lebih baik lagi. Menggosok gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride, menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, dan tidak menggosok gigi secara berlebihan dan kasar adalah langkah-langkah dasar untuk kesehatan rongga mulut yang lebih baik.

Anda juga sebaiknya mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam, misalnya minuman berkarbonasi (soda), buah-buahan yang asam, wine, dan yoghurt. Apabila anda minum minuman yang bersifat asam, terlalu dingin atau panas yang dapat memicu timbulnya rasa nyeri, gunakan sedotan. 

Hal ini akan mengurangi paparan minuman tersebut pada permukaan gigi sensitif anda. Setelah minum minuman yang bersifat asam, minumlah susu atau air putih setelahnya untuk menetralkan keasamannya. Dan jangan menyikat gigi segera setelah anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam, tunggulah hingga minimal 30 menit setelahnya agar tidak mengikis lapisan enamel anda. 
 
Itulah cara mengatasi gigi sensitif. Semoga bermanfaat. []
 

Related Posts

0 comment:

Post a Comment