Makanan dan minuman untuk obati kecanduan merokok

shares |

Chemistricks.com -Makanan dan minuman untuk obati kecanduan merokok
1. Oat
Oat itu sudah dikenal mampu mengurangi ketagihan nikotin. Jadi, gabungkan oat ke dalam diet rutin anda. Untuk efek maksium, ambil satu sendok makan ground oat (bukan oatmeal) lalu tambahkan pada 2 mangkuk air rebus dan diamkan selama satu malam.
Kesesokan harinya, minum sebagian dari campuran tersebut beberapa jam setelah makan. Jangan mengkonsumsinya setelah jam 8 malam. Ini adalah salah satu ramuan paling efektif untuk berhenti merokok.
Dan ada bukti ilmiah dari sistem pengobatan India yang selama bertahun-tahun, telah menggunakan oat bran dan oatmeal untuk memerangi ketergantungan terhadap opium.
Baru-baru ini, para peneliti di Glasgow, Skotlandia, menemukan bahwa para perokok yang diberi suatu ekstrak dari oat segar itu lebih cenderung untuk mengalami penurunan dalam ketagihan merokok dibanding perokok yang diberi suatu placebo.
Penemuan ini diperkuat lagi oleh penelitian lain yang baru-baru ini dilakukan di Jepang. Dalam studi di Jepang ini, para peneliti menemukan bahwa para perokok yang diberi suatu tambahan ekstrak herbal oat setiap hari, mengurangi jumlah rokok yang mereka hisap dalam satu hari sebanyak hampir 50 persen.
ilustrasi

2. Jeruk
Tanamkan kebiasaan untuk makan sebutir jeruk setiap kali rasa ketagihan menyerang anda. Bisa mendapatkan jeruk dengan mudah itu adalah salah satu cara yang paling efektif dalam menangkal dorongan untuk merokok. Ketagihan nicotin biasanya akan berlangsung selama 3 sampai 5 menit.
Mengkonsumsi jeruk bisa menjauhkan pikiran anda dari dorongan keinginan untuk menyalakan sebatang rokok. Entah dimakan dalam keadaan mentah atau dalam bentuk jus, jeruk memegang suatu peranan penting dalam proses penghentian kebiasaan merokok.
Aromanya bisa mengalihkan pikiran anda dari keinginan untuk merokok. Saat dikonsumsi dalam bentuk jus, jeruk juga bertindak sebagai suatu pembersih.
Menggabungkan konsumsi jeruk ke dalam sebuah pengaturan pola makan yang lebih luar itu akan membantu anda untuk berhenti merokok, tapi periksa dulu tingkat kesegaran dari jeruk tersebut sebelum dikonsumsi.
Dan ada bukti ilmiah mengenai hal ini. Sekelompok peneliti di Inggris melakukan percobaan dengan para perokok dan jeruk. Hasilnya sungguh mengejutkan.
Setelah 21 hari, para perokok yang mengkonsumsi jeruk jumlah rokok yang mereka hisap menurun sebanyak 79 persen, dan 20 persen dari mereka benar-benar berhenti merokok.
Hasil-hasil ini menimbulkan satu pertanyaan: apakah dengan memakan buah-buahan citrus itu akan memberikan efek yang sama?
Sebagian dari mantan perokok bahkan mengatakan bahwa dengan meminum suatu campuran dari jus jeruk dan cream tartat (satu setengah sendok teh) bisa segera menghilangkan nicotin dari dalam tubuh anda, sehingga menghilangkan keinginan untuk merokok.
Mereka mengatakan bahwa saat terbaik untuk meminum campuran ini adalah ketika hendak tidur. Selain jeruk, buah dan sayuran telah terbukti mampu membantu menghentikan kebiasaan merokok.
3. Bayam, Nasi Coklat, Pasta, dll
Dalam studi lain yang mengamati apakah makanan tertentu bisa memerangi kecanduan, David Daughton, Ph.D., seorang spesialis pulmonary di University of Nebraska Medical Center, menemukan bahwa makanan yang tinggi dalam sifat-sifat alkaline itu menahan nikotin agar tetap bersirkulasi dalam darah, sehingga mempertahankan suatu level kecanduan yang tinggi. Ini sangat mengurangi kebutuhan untuk mengkonsumsi lebih banyak lagi.
Makanan-makanan yang tinggi dalam alkaline misalnya bit, dandelion, kismis, buah ara, bayam, millet, quinoa, roti-roti dan pasta whole-grain, nasi coklat, almond dan sayuran starchy misalnya kentang, squash dan jagung.
4. Tomat
Aroma tomat membantu mengurangi daya tarik rokok. Menggunakan jus tomat juga memberikan anda efek yang sama seperti merokok, tapi tanpa unsur-unsur yang berbahaya.
Itu mungkin karena fakta bahwa tanaman tomat dan tembakau itu berasal dari keluarga yang sama (solanaceae, yang umumnya dikenal sebagai keluarga nightshade).
Tomat juga suatu sumber yang sangat bagus untuk lycopenes. Lycopenes itu adalah gizi-gizi di dalam keluarga carotenoid yang konon bisa mencegah kanker paru-paru. Perlindungan terhadap kanker yang diberikan lycopenes adalah karena sifat-sifat antioxidant yang dimilikinya.
Lycopenes itu lebih banyak terdapat di dalam tomat yang sudah diproses dibanding tomat mentah. Saus tomat, jus tomat dan kecap tomat adalah sumber-sumber yang bagus. Cobalah untuk menggabungkan lebih banyak lagi makanan-makanan yang kaya akan lycopenes ini ke dalam diet anda.
5. Pisang
Pisang adalah camilan sehat, murah dan enak yang dinikmati banyak orang di seluruh dunia. Selain dapat mengenyangkan karena mengandung karbohidrat, pisang juga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya membantu orang berhenti merokok.Kandungan vitamin B dan mineral lainnya dapat membantu perokok yang ingin menghentikan kebiasaannya dengan cara mengurangi tingkat stres akibat gejala putus nikotin, seperti dilansir Asiaone, Senin (5/11/2012).Pada saat yang sama, nutrisi yang terkandung dalam pisang juga dapat membantu gejala putus nikotin secara fisik dan psikologis.Pisang mengandung tryptophan yang dapat meningkatkan suasana hati (mood) positif dan membuat Anda merasa lebih bahagia. Secara tidak langsung, kandungan pisang ini akan membantu Anda melupakan rokok. 6. Susu dan produk susu lainnya
Banyak perokok mengatakan, setelah minum segelas susu, merokok tidak membawa rasa dan kepuasan yang diharapkan. Susu membuat rasa rokok menjadi sangat pahit dan tidak menyenangkan. Cara ini dapat membantu mengurangi ketagihan dan membantu menyingkirkan kecanduan nikotin.
Dukes University mengungkapkan bahwa perokok yang minum segelas susu sebelum merokok tidak akan menyukai rasa rokoknya. Perokok akan mengeluh karena rasa rokok tiba-tiba menjadi pahit.Anda juga bisa mencelupkan rokok ke dalam susu dan biarkan mengering. Ini akan membuat rasa rokok menjadi tidak enak di mulut.
 
7. Seledri Seledri bisa memengaruhi rasa rokok. Bahkan, ilmuwan menilai, banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut dapat mengurangi ketergantungan nikotin (asalkan tidak mengonsumsi alkohol). Ini juga sekaligus menjawab mengapa mengudap batang seledri dapat membantu mengurangi keinginan ngemil. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak suka seledri karena seledri bisa digantikan dengan wortel.Namun perlu diingat, makan banyak sayuran manis tidak terlalu baik karena jumlah glukosa yang berlebihan akan mengaktifkan area otak yang bertanggung jawab terkait kesenangan dan kepuasan.
8. Mentimun
Setiap perokok akan sangat tergantung kepada rokok setiap kali selesai makan nasi. Untuk menghindari rasa ketergantungan tersebut, cobalah untuk memakan buah timun setelah selesai makan. Dengan memakan timun, mulut terasa bersih dari sisa-sisa makanan yang berlemak, pedas, dan asin. Buah Mentimun yang kita makan akan membersihkan daerah sekitar mulut kita dari rasa yang sebelumnya kita nikmati. Dan biasanya, setelah rasa tawar di mulut maka keinginan untuk merokok itu sedikit demi sedikit akan berkurang.
9. Garam
Setiap kali Anda berkeinginan untuk merokok, Anda harus makan sesuatu yang asin atau menjilat sedikit garam dengan ujung lidah. Ini dapat membunuh dorongan Anda untuk merokok.
10. Ginseng
Ginseng telah terbukti untuk mencegah pelepasan nikotin yang diinduksi dari dopamin neurotransmitter. Seharusnya tidak digunakan sehari-hari tetapi dapat digunakan 3-4 kali sebulan.
11. Terong
Terong meninggalkan rasa pahit jika dimakan sebelum merokok. Beberapa ahli menyatakan bahwa makan banyak sayuran ini dapat mengurangi intensitas ketergantungan nikotin. Jadi dapat membantu untuk berhenti merokok.
12. Air Kelapa Tua
Isi toples kaca dengan air kelapa yang matang/tua. Embunkan semalaman. Keesokan harinya tuang ke dalam gelas, campurkan garam sedikit dan aduk merata. Lakukan setiap pagi. Insya Allah dalam beberapa hari kecanduan rokok akan berkurang dan berhenti.
[Dari berbagai sumber]

Related Posts

0 comment:

Post a Comment