Hati-hati terhadap Bahan Kimia dalam rumah tangga

shares |

Chemistricks.com - Hati-hati terhadap Bahan Kimia dalam rumah tangga
Ada beragam bahan kimia yang tersedia di dalam rumah tangga. Tidak dapat dimungkiri bahwa saat ini aktivitas manusia sangat terbantu oleh keberadaan bahan-bahan kimia, mulai dari pembersih, pemutih, pewangi, hingga pembasmi.
Oleh sebab itu, jangan sampai bahan-bahan kimia yang dikategorikan dalam beberapa kelompok di atas, tercampur dengan makanan yang kita konsumsi terlebih apabila kita memiliki anak kecil.
Berikut merupakan pengelompokan bahan kimia, supaya kita dapat memilah dan memilih sehingga lebih aman untuk digunakan.


Bahan kimia rumah tangga dapat kita kelompokkan menjadi empat kelompok yaitu pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi serangga. Bahan apa saja yang tergolong pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi serangga?

a. Pembersih


Pembersih berfungsi untuk membersihkan berbagai benda di rumah tangga dari kotoran. Ada beberapa jenis bahan kimia yang dapat digunakan sebagai pembersih. Misalnya, pembersih badan, pembersih rambut, pembersih motor dan mobil, pembersih piring, pembersih baju, serta pembersih lantai. Pembersih dikenal secara umum dengan detergen. Fungsi detergen adalah membantu melarutkan lemak atau minyak.

b. Pemutih

Produk pemutih berfungsi untuk memutihkan pakaian putih yang terkena noda yang susah dibersihkan dengan pembersih biasa. Selain untuk memutihkan pakaian, ada pula produk pemutih yang berfungsi untuk memutihkan wajah atau tubuh.

c. Pewangi
Produk pewangi digunakan untuk mengharumkan ruangan atau tubuh. Produk pewangi ada yang berbentuk cair, seperti pengharum tubuh, ruangan, dan pakaian. Produk pewangi cair ini digunakan dengan cara menyemprotkannya ke bagian-bagian tubuh dan ruangan atau merendam pakaian dalam cairan pewangi. Selain yang berbentuk cair, ada juga yang berbentuk padat, seperti kapur barus. Cara menggunakan produk pewangi yang berwujud padat, yaitu dengan menyimpannya di ruangan terbuka.

 
d. Pembasmi Serangga

 
Produk pembasmi serangga atau insektisida digunakan untuk membunuh serangga yang merusak atau mengganggu manusia, seperti nyamuk, lalat, dan kecoa. Sebagian besar produk pembasmi serangga yang beredar di pasaran adalah untuk membasmi nyamuk. Produk ini biasa dikenal dengan sebutan ‘obat nyamuk’. Bahan pembasmi serangga tergolong zat beracun. Oleh karena itu kamu harus berhati-hati dalam penggunaan maupun penyimpanannya.

demikianlah artikel sederhana supaya kita lebih berhati-hati terhdap bahan kimia yang ada dalam rumah tangga. []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment