Rangkuman Materi tentang Minyak Bumi

shares |



Chemistricks.com - Rangkuman Materi tentang Minyak Bumi

1.   Pembentukan minyak bumi dan gas alam.
Sumber energi yang banyak digunakan untuk memasak, kendaraan bermotor, dan industri, berasal dari minyak bumi, gas alam, dam batu bara. Ketiga jenis bahan bakar tersebut berasal dari pelapukan sisa-sisa organisme sehingga disebut bahan bakar fosil. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar lautan, kemudian tertutup oleh lumpur. Lapisan lumpur tersebut lambat laun berubah menjadi batuan karena pengaruh tekanan lapisan di atasnya. Sementara itu, dengan meningkatnya tekanan dan suhu, bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa jasad renik itu dan mengubahnya menjadi minyak dan gas. Proses pembentukan minyak dan gas ini memakan waktu jutaan tahun. Minyak bumi diperoleh dengan membuat sumur bor karena letaknya berada sekitar 3 – 4 km di bawah permukaan laut.
2.   Penyulingan (distilasi) minyak bumi.

                    Penyulingan Minyak Bumi
  Penyusun utama minyak bumi : alkana dan sikloalkana (siklopentana & sikloheksana), zat lain : senyawa aromatik, senyawa nitrogen, dan senyawa belerang
  Sisa-sisa tumbuhan dan hewan tertimbun dalam kerak bumi, tekanan yang hebat dari rimbunan itu dan suhu yang sangat ekstrem selama jutaan tahun membuat semuanya mencair dan terbentuklah minyak bumi.
  Pemisahan  fraksi/komponen minyak bumi  dilakukan dengan distilasi (berdasarkan perbedaan titik didih).
  Fraksi-fraksi minyak bumi : Gas, petroleum eter, bensin, nafta, kerosin, solar, oli/minyak pelumas, lilin, residu/aspal.
                                    Tabel  Fraksi hidrokarbon hasil penyulingan minyak bumi
fraksi
Ukuran
molekul
Titik didih (0C)
kegunaan
Gas

Petroleum eter

Bensin (gasoline)

Kerosin, minyak diesel/solar

Minyak pelumas

Paraffin


Aspal
C1-C5

C5-C7

C5-C12

C12-C16


C16 ke atas

C20 ke atas


C25 ke atas
-160-30

30-90

30-200

350 ke atas


350 ke atas

Merupakan zat padat denga titik cair rendah
residu
Bahan bakar (LPG), sumber hidrogen

Pelarut, binatu kimia

Bahan bakar motor

Bahan bakar mesin diesel, bahan bakar industri, untuk cracking

pelumas

lilin dan lain-lain
bahan bakar

untuk pelapis jalan raya

Isi Minyak Bumi
  Minyak bumi mengandung banyak jenis hidrokarbon yang berbeda jumlah atom C-nya [disebut fraksi minyak bumi].
  Karena jumlah atom C-nya berbeda, maka titik didihnya juga berbeda. Untuk memisahkan fraksi minyak bumi dilakukan dengan cara destilasi bertingkat.Prinsipnya ,minyak mentah dipanaskan melalui tanur pemanasan yang kemudian dialirkan ke dalam kolom fraksinasi sehingga sebagian dari minyak menguap dan bergerak ke atas melalui sengkup gelembung gas [buble cups]. Kamu sudah tahu kalau makin panjang rantai C-nya, maka titik didihnya makin tinggi. Nah, dengan prinsip perbedaan titik didih ini, kamu dapat membayangkan kalau senyawa dengan rantai C pendek lebih cepat menguap. Disitulah mereka dipisahkan.

3.   Produk kreasi hasil olahan minyak bumi (pembuatan lilin aromaterapi)
                Cara Membuat Lilin Aroma Terapi Sendiri

http://4.bp.blogspot.com/-ZGMDegHdoU0/TuBFreZ19AI/AAAAAAAAAhA/HjifbZddgPw/s1600/membuat+lilin.jpgmerupakan benda yang mudah kita jumpai di keseharian kita. Tidak hanya berfungsi sebagai penerangan, kini lilin juga banyak digunakan sebagai medium aromatherapy serta benda dengan nilai seni yang tinggi. Jika selama ini kita memperoleh lilin dari toko, maka tak ada salahnya jika kita belajar membuat lilin. Tahukan Anda bahwa ternyata cara membuat lilin aroma terapi cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun dan dimanapun?

Bahan Membuat Lilin
Cara Membuat LilinJika Anda tertarik mencoba membuat lilin dengan aroma, maka bahan yang Anda butuhkan adalah paraffin, pewarna, parfum serta benang kasur. Untuk paraffin, parfum  dan pewarna bisa Anda beli di toko bahan kimia. Jika Anda ingin membuat lilin aromatheraphy, maka Anda bisa mengganti parfum dengan cairan aromatheraphy.
Alat-alat Yang Dibutuhkan
Adapun alat-alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
·   Gelas kecil transparan. Gelas ini dibutuhkan bagi mereka yang hendak membuat lilin dengan warna-warna memikat.
·   Panci kecil tempat melelhkan paraffin.
·   Botol bekas selai dengan lubang atas yang cukup besar dan juga berbahan kaca yang tebal hingga tahan panas. Sebelum digunakan, cuci bersih dan pastikan telah kering.
·   Tusuk sate atau lidi dengan panjang yang lebih dari diameter gelas atau wadah yang digunakan. Pastikan panjangnya tidak terlalu berlebih.
Cara Membuat Lilin
·   Langkah pertama adalah ikatlah benang kasur yang telah dipersiapkan pada tusuk sate atau lidi. Kemudian taruhlah tusuk sate tersebut di atas gelas. Kemudian atur sedemikian rupa agar benang yang terikat pada tusuk sate jatuh ke dasar dan tetap berada di tengah gelas.
·   Setelah itu, mulailah memasukkan paraffin ke dalam botol bekas. Kemudian masukkan botol bekas tersebut ke dalam panci. Langkah selanjutnya, isi panci dengan air kira-kira 1/3 dari tinggi panci.
·   Langkah selanjutnya adalah memanaskan panci tapi pastikan apinya berukuran kecil.
·   Aduk perlahan paraffin hingga mencair kemudian tambahkan  pewarna sedikit demi sedikit hingga tone warna yang diinginkan muncul.
·   Selanjutnya, angkat panci tadi dari api dan mulailah mencampurkan cairan aromateraphy atau parfum dengan cairan paraffin tadi. Tak perlu diaduk.
·   Setelah itu, tuang paraffin cair ke dalam gelas yang tadi telah dipersiapkan.
·   Tunggu sampai lilin benar-benar mengeras dan kemudian lepaskan ikatan tali dari tusuk sate.
·   Selamat, lilin aromateraphy Anda telah siap digunakan.
Cara membuat lilin aroma terapi ini cukup mudah untuk diikuti. Sebagai tambahan informasi, Anda bisa membuat tampilan lilin Anda semakin menarik dengan menambahkan varian bahan tertentu. Pilihlah bahan tersebut berdasarkan selera Anda. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, tentu akan memudahkan Anda untuk membuat sendiri lilin beraroma Anda di rumah. Selamat mecoba.
Sumber : http://perlutahu.org/cara-membuat-lilin-aroma-terapi-sendiri-di-rumah/

Related Posts

0 comment:

Post a Comment