Contoh Soal Kimia Studi Kasus tentang Konversi Minyak bumi

shares |

Chemistricks.com - Contoh Soal Kimia Studi Kasus tentang Konversi Minyak bumi



Karakter bangsa : kritis, peduli sosial, peduli lingkungan
BERPIKIR KRITIS ( soal analisis )

1.     Pahami Informasi berikut !
Konversi LPG

            Seperti yang kita ketahui, minyak bumi dan gas alam adalah sumber daya alam tak terbarui. Efek eksploitasi berlebihan sudah kita rasakan berupa kelangkaan minyak tanah. Beruntungnya, pemerintah cekatan dan melakukan konversi minyak tanah menjadi gas (LPG). Namun sayangnya ada beberapa kendala.
            Masyarakat ada yang ketakutan akibat pemberitaan meledaknya tabung gas ketika memasak. Selain itu, pasokan yang sedikit dan belum menjangkau daerah-daerah tertentu juga menjadi faktor kendala. Sekarang, kebijakan konversi ini sudah mapan dan kita sebagai bagian dari masyarakat juga sudah merasakan banyak dampak positifnya. Meski demikian, bukan tidak mungkin ke depan akan terjadi kelangkaan gas (LPG). Berdasarkan informasi tersebut :
a)    Sebagai pelajar dan bagian dari masyarakat, jelaskan 3 (tiga) solusi untuk mengatasi (jika seandainya terjadi) kelangkaan gas (LPG) !
b)    Jelaskan proses pembuatan 1 (satu) bahan bakar alternatif yang ingin Anda ciptakan untuk mengatasai kelangkaan BBM (Bahan Bakar Minyak)
c)    Jelaskan proses pembuatan 1 (satu) bahan bakar alternatif yang ingin Anda ciptakan untuk mengatasai kelangkaan BBM (Bahan Bakar Minyak)
d)    Sebutkan 1 (satu) bahan bakar alternatif yang sudah diciptakan bangsa Indonesia yang kamu ketahui !
e)    Sebutkan 1 (satu) alat yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan yang sudah diciptakan bangsa Indonesia yang kamu ketahui !

2.      Pahami Informasi berikut !
Plastik Biodegradabel

Salah satu pemanfaatan konsep hiddrokarbon adalah pembuatan plastic kemasan. Dengan diciptakannya plastic, manusia memperoleh banyak kemudahan. Manusia tidak lagi melulu repot mencari daun pisang sebagai pembungkus. Namun sayangnya, manusia cenderung berlebihan menggunakannya. Tentu hal ini merugikan lingkungan mengingat plastik konvensional sulit terurai oleh alam. Kasus pencemaran sampah plastik di Indonesia masih belum bisa diatasi sepenuhnya. Alih-alih mendaur ulang, kesadaran masyarakat untuk mengurangi sampah plastik masih rendah. Kalaupun ada masyarakat yang mengaplikasikan keduanya, mereka hanyalah masyarakat minoritas. Jumlahnya relatif sangat sedikit.
            Pada saat ini, beberapa pasar modern menggunakan plastik biodegradabel dan kantong kain “go green”. Plastik ‘kuno’ terbentuk dari reaksi polimerisasi dengan unsur utama karbon dan hidrogen yang mempunyai daya ikat sangat stabil. Plastik ini sukar terurai hingga ribuan tahun. Sedangkan plastik biodegradabel dapat terurai hanya dalam waktu dua tahun. Plastik ini menggunakan katalis oxium. Katalis oxium menyebabkan susunan hidrogen dan karbon mudah terurai sehingga plastik mudah hancur.
a)    Sebagai pelajar dan bagian dari masyarakat, jelaskan 3 (tiga) solusi untuk mengatasi pencemaran sampah di lingkungan terdekatmu (sekolah dan rumah) !
b)    Jelaskan proses pembuatan 1 (satu) wadah/kemasan yang ingin Anda ciptakan untuk mengatasai pencemaran plastik !
c)    Sebutkan 1 (satu) karya bangsa Indonesia yang berhubungan dengan inovasi produk wadah/kemasan ramah lingkungan yang kamu ketahui !
d)    Sebutkan 1 (satu) karya bangsa Indonesia yang berhubungan dengan daur ulang produk wadah/kemasan yang kamu ketahui !

Related Posts

0 comment:

Post a Comment