Alat kimia yang sering digunakan di laboratorium kimia

shares |

Chemistricks.com - Nama-nama alat kimia yang sering digunakan di laboratorium kimia



Berikut adalah contoh peralatan yang sering ada di laboratorium kimia.
No
Nama Alat
Kegunaan
Gambar
1
Labu ukur/ Labu takar
Digunakan sebagai tempat untuk membuat larutan standar dengan volume tepat atau pengenceran. Ukuran yang tersedia: 10; 25; 50; 100; 250, 500 dan 1000 mL.
2
Gelas beker/  Beker glass
Digunakan sebagai wadah larutan. Walaupun gelas beker mempunyai ukuran akan tetapi tidak dapat digunakan sebagai alat ukur. Ukuran yang tersedia: 50; 100; 250; 500 dan 1000 mL.
3
Erlenmeyer
Digunakan sebagai tempat analit yang akan dititrasi (titrant) dalam proses titrasi. Titrasi digunakan untuk menentukan konsentrasi/kadar zat yang belum diketahui dengan menitrasi larutan standar dari buret. Ukuran yang tersedia: 50; 100; 250l 500 mL.
4
Gelas Ukur
Digunakan sebagai tempat untuk mengukur volume larutan. Ukuran yang tersedia: 10; 25; 50; 100; 250, 500 dan 1000 mL.
5
Corong Pisah
Digunakan untuk memisahkan campuran zat yang tidak dapat bercampur, seperti minyak dengan air. Zat yang mempunyai berat jenis lebih besar akan terletak dibagian bawah sehingga dapat dikeluarkan terlebih dahulu memalui kran yang ada dibagian bawah corong pisah.
6
Propipet
Digunakan sebagai alat bantu untuk mengambil/menghisap larutan dengan berbagai jenis pipet.
7
Desikator
Berfungsi untuk mendinginkan zat-zat yang higroskopis agar tidak menyerap uap air yang ada di udara. Desikator berisi zat higroskopis yang berfungsi untuk menyerap uap air yang ada di udara.
8
Pipet Ukur/Pipet Volume
Pipet ini memiliki skala dan digunakan untuk mengambil larutan dengan volume tertentu. Gunakan propipet untuk menyedot larutan, jangan dihisap dengan mulut.
9
Pipet Gondok
Digunakan untuk mengambil larutan dengan volume tepat sesuai dengan label yang tertera pada bagian yang menggelembung (gondok) pada bagian tengah pipet. Gunakan propipet untuk menyedot larutan, jangan dihisap dengan mulut.
10
Gelas Arloji
Digunakan sebagai wadah suatu padatan sewaktu akan ditimbang dengan neraca analitik.
11
Buret
Digunakan sebagat tempat larutan standar dalam proses titrasi. Alat ini memiliki skala 25; 50; 100 mL, ada juga yang memiliki skala sangat kecil yang disebut buret mikro.
12
Lumpang Alu
Digunakan untuk menghaluskan padatan agar lebih mudah untuk dilarutkan.
13
Set Destilasi
Seperangkat alat destilasi yang terdiri dari labu destilasi, pendingin, adaptor, termometer, pemanas, statif dan klem, kasa, dan penampung destilat. Berfungsi untuk memisahkan campuran atas dasar perbedaan titik didihnya.
14
Kromatografi Kertas
Seperangkat alat kromatografi kertas yang terdiri atas kertas sebagai media, botol pengembang sebagai wadah fasa gerak (biasanya campuran eluen) yang telah dijenuhkan. Pemisahan terjadi karena adanya perbedaan distribusi diantara fasa diam dan fasa gerak dari analit.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment