Peran manfaat Kimia dalam Kehidupan

shares |

Chemistricks.com - Peran manfaat Kimia dalam Kehidupan


A. PERAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN
Ilmu kimia merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur dan sifat materi (zat), perubahan materi (zat) dan energi yang menyertai perubahan tersebut.  Memasuki abad ke-21, ilmu kimia tetap mempunyai peranan yang sangat penting pada semua bidang ilmu pengetahuan alam. Terdapat empat bidang utama, yaitu kesehatan dan kedokteran, energi dan lingkungan, teknologi bahan (material technologi) dan bidang pangan dan pertanian.

B. HAKIKAT ILMU KIMIA
Ilmu kimia merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur dan sifat materi (zat), perubahan materi (zat) dan energi yang menyertai perubahan tersebut. Struktur atau susunan materi mencakup komponen-komponen pembentuk materi dan perbandingan tiap komponen  dalam materi, serta menggambarkan bagaimana atom-atom penyusun materi tersebut saling bergabung atau berikatan. 
 
Gambar 1. Peta Konsep Partikel Materi

Sifat materi mencakup sifat fisis (wujud dan peanampilan) dan sifat kimia. Sifat suatu materi dipengaruhi oleh susunan dan struktur materi tersebut dan perubahan materi meliputi perubahan fisis (wujud) dan perubahan kimia (perubahan yang menghasilkan zat baru). Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang atau memiliki volume. Materi dapat mengalami perubahan fisika dan perubahan kimia. Jika suatu materi mengalami perubahan dengan menghasilkan zat baru, maka materi tersebut mengalami perubahan kimia. Jika materi hanya mengalami perubahan wujud atau bentuk, maka tergolong perubahan fisika.

Dalam proses perubahan struktur selalu dilibatkan energi yang menyertai perubahan materi tersebut, bagaimana proses dan besarnya energy yang terlibat, serta asal-usul energi tersebut dihasilkan atau diperlukan.


Gambar 2. Peta Konsep Perubahan Materi dan Reaksi Kimia

Ilmu kimia berkembang melalui eksperimen. Oleh karena itu, ilmu kimia selain berisi tentang produk-produk ilmiah (fakta, prinsip, hukum-hukum dan teori juga memuat proses-proses ilmiah. Di samping produk dan proses ilmiah, di dalam ilmu kimia juga dibahas bagaimana peranan produk dan proses ilmiah tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Ilmu kimia dipelajari dan dikembangkan dengan metode yang biasa digunakan oleh para ilmuwan dalam memperoleh ilmu pengetahuan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan disebut sebagai metode ilmiah.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment