Mencari Uang dari Blog

shares |

Portal Tricks
Portal Tricks - Mencari Uang dari Blog

Pada dasarnya setiap jenis pekerjaan apa pun yang kita jalani, apabila ditekuni dengan serius, akan menghasilkan juga. Apalagi jenis pekerjaan tersebut memang menjadi passion kita, menjadi kesenangan dan hobi. Begitu pula dengan aktivitas ngeblog bagi seseorang yang memiliki hobi/kegemaran menulis, juga akan menghasilkan pendapatan yang cukup memuaskan. Sekali lagi, dengan syarat ditekuni dengan serius, meskipun hal itu hanya sebagai sampingan.  Oya, sekadar info penyemangat, para blogger/penulis blog, saat ini banyak sekali yang telah berhasil mencari uang dari blog mereka. Kira-kira seperti apa rahasia mereka? Nah, dalam artikel kali ini, akan kami sampaikan bagaimana mencari uang dari blog.
Awalnya, bagi saya pribadi, mencari uang dari blog sama sekali tidak terpikirkan. Barulah ketika saya tahu bahwa dari aktivitas menulis di blog ternyata bisa menghasilkan, maka tidak ada salahnya saya untuk mencoba peruntungan ikut mencari uang dari blog.

Beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mencari uang dari blog di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menulis Konten Blog yang BERMANFAAT

Percayalah, konten yang bermanfaat pasti akan dibaca oleh orang banyak. Orang yang membaca artikel yang banyak mengandung manfaat, berkualitas, tentu tidak akan segan-segan untuk juga menyebarkan artikel tersebut secara lebih luas. (Baca juga: 5 Tema blog yang bagus)

BERMANFAAT, itulah yang juga disukai oleh GOOGLE, perusahaan terbesar dalam bidang teknologi internet ini. 

2. Membangun kepercayaan pembaca/pengunjung blog

Bagaimana cara membangun kepercayaan pembaca/pengunjung blog? Caranya adalah dengan menulis artikel yang berkualitas, dan HINDARI COPY-PASTE! 

Mari kita berandai-andai, kita sedang searching sebuah artikel di mesin pencari Google. Nah, kebetulan kita menemukan satu link artikel yang isinya sama persis dengan artikel yang pernah kita tulis. Celakanya, artikel temuan kita tersebut sama sekali tidak mencantumkan sumber aslinya maupun siapa penulis aslinya, yaitu ANDA SEBAGAI PENULISNYA! Kira-kira, apa yang terfikir di benak Anda saat itu? Tentu saja Anda akan menganggap seluruh konten blog yang Anda kunjungi tersebut SEMUANYA adalah hasil dari PENCURIAN/COPY PASTE, bukan? Padahal, temuan Anda hanya satu saja. Ibaratnya, karena nila setitik, rusak susu sebelanga.

Selain itu, cara membangun kepercayaan pembaca/blog adalah dengan cara merespon tanggapan pembaca dengan baik, berkomunikasi dengan mereka.

3. Mendaftarkan blog ke Google Adsense

Bagi Anda yang telah berkecimpung dengan blog untuk waktu yang cukup lama, tentu sudah tidak asing lagi dengan ADSENSE, sebuah program iklan oleh Google yang menjadi primadona para pegiat blog.

Dengan menjadi publisher Adsense, kita bisa menghasilkan uang sampai ribuan dolar dalam satu bulan. (Baca: Menghasilkan ribuan dolar dari blog dengan Adsense).

Syarat untuk diterima di Adsense adalah poin pertama yang saya tulis di atas, yaitu menulis sebanyak mungkin konten yang bermanfaat luas bagi pembaca. Kemudian, naikkanlah traffic/lalu lintas pengunjung blog Anda.

___

Sementara itu, ada satu lagi tips mencari uang dari blog adalah dengan cara mempromosikan produk berupa barang/jasa kepada pembaca blog. Misalnya, sebagai seorang perajin mebel, meja dan kursi dari kayu, kita bisa mempromosikan karya kita tersebut secara lebih luas dengan mempostingnya di blog. Contoh lain, di bidang jasa, kita bisa mempromosikan keahlian kita misalnya pada bidang desain rumah, desain kartu undangan, maupun website, dan mempostingnya di blog.

Saya kira hal itu merupakan promosi yang efektif bila didukung pula dengan optimalisasi sosial media seperti Google +, Facebook dan twitter. Setelah kita menulis tentang produk di blog, kita tinggal menyebarluaskan tautan tersebut di sana sehingga keterbacaannya menjadi lebih luas. (Baca juga: Cara Cepat Meningkatkan CPC Adsense)

Demikianlah cara saya untuk mencari uang dari blog. Happy blogging, menuliskan uneg-uneg di dada dan di otak, sekaligus mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Salam Sukses.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment