Hati-Hati dengan Jasa Upload Video Youtube!

shares |

Portal Tricks - Hati-Hati dengan Jasa Upload Video Youtube!

Portal tricks


Sekarang ini untuk mendapatkan uang dari internet, selain dengan cara memonetisasi blog, cara yang paling populer dan digemari adalah Monetisasi Video Youtube. Nampaknya cara yang ke dua dengan monetisasi video youtube ini gampang untuk dijalankan. Sebab, kita lihat di sekeliling kita, setiap orang ke mana-mana dan pada kondisi apa saja hampir bisa dipastikan menggenggam gadget, hp android, atau minimal ponsel yang ada fitur kamera perekam video. Ya, mengelola akun youtube dan memonetisasi video, saat ini sangat menggiurkan dan mempunyai prospek bagus untuk menambah pendapatan/passive income.


Seiring dengan banyaknya pengguna youtube, maka bermunculan pula jasa upload video. Hal ini mungkin sama dengan jasa menulis artikel untuk monetisasi blog. Biasanya mereka menawarkan jasa upload ini baik di website maupun di grup jejaring sosial seperti Facebook. Mereka menyasar target pasar bagi para pegiat video youtube yang tidak punya waktu untuk membuat video original untuk diposting di youtube. Atau, menyasar pada mereka yang baru belajar main youtube namun tak kunjung mendapatkan penghasilan seperti yang diharapkan. Iming-iming menggiurkan dari penyedia jasa ini adalah:
  • Video original dan menarik, berdurasi minimal 2 menit
  • Bebas klaim hak cipta
  • Murah-meriah, satu video bahkan ada yang dipatok hanya dengan harga Rp. 5.000,00. Meskipun yang ditawarkan adalah paketan, misalnya pesan 30 video, berarti Anda harus membayar Rp 150.000,00. 


Sah-sah saja kalau kita memakai jasa upload video youtube seperti ini. Namun, saya cuma mengajak kepada Anda untuk berhati-hati terhadap tawaran jasa seperti ini. Saya sendiri lebih memilih untuk berusaha dengan membuat/memproduksi sendiri video youtube. Karena, menurut saya ada beberapa hal yang perlu menjadi kehati-hatian jika ingin menggunakan jasa upload video:

  1. Jangan terpancing dengan harga yang murah. Seperti yang saya sampaikan tadi, harga yang ditawarkan untuk satu video bahkan bisa sampai Rp 5000,00. Rasional, wajar. Sebab, untuk mengupload video juga butuh kuota internet (meskipun sekarang di mana-mana banyak tersedia spot-spot internet cornet yang murah). Harga yang sangat terjangkau ini bisa jadi ada udang di balik batu, yaitu
  2. Biasanya mereka minta data diri Anda bahkan meminta PIN dan Password untuk masuk ke akun Anda. Hal ini juga wajar, mengingat jasa yang ditawarkan adalah jasa upload video, maka si penyedia jasa jugalah yang mengunggah/mengupload video. Maka, meminta PIN dan Password tentu saja hal yang harus disetujui. Nah, di sinilah yang menurut saya menjadi kehati-hatian.
  3. Berpikir dengan logika yang lurus-lurus saja, LOGIKA SEDERHANA, mengapa penyedia jasa mau-maunya mengupload video BERKUALITAS untuk memperkaya orang lain?   Jika memang video tersebut berkualitas dan memiliki prospek bagus untuk monetisasi video youtube dan mendapatkan penghasilan sampai ribuan doar, mengapa hal itu tidak dilakukan untuk dirinya sendiri saja? Kalau saya, video yang bagus, ya untuk saya upload sendiri, kenapa mesti dikasihkan orang lain dengan harga yang murah? Kecurigaan saya, video tersebut pastilah tidak berkualitas. Dengan video yang dipotong-potong menjadi sebanyak 30 video, dia bisa mendapatkan uang paling tidak Rp 150.000,00 dan diupload dengan wifi gratisan, misal di kampus.

Demikian sedikit catatan mengapa saya cenderung berhati-hati dan menghindari jasa pembuatan video di youtube. Karena selain mengelola video youtube, akun saya ini yang lebih penting adalah saya gunakan untuk monetisasi blog. Dan Alhamdulillah sudah payout dan merasakan manisnya keringat kerja keras, bayaran dolar dari Google Adsense.

Semoga bermanfaat. Salam sukses.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment