Cara Menulis Judul yang Baik untuk Artikel Blog

shares |

Portal Tricks - Cara Menulis Judul yang Baik untuk Artikel Blog

portal tricks


Judul merupakan suatu pokok penting yang harus diperhatikan setiap kali nulis artikel, Bro. Apalagi tulisan di blog, disadari atau tidak, itu sangat-sangat penting. Orang menelusur artikel di Google Searche Engine akan melihat judul-judul yang terpampang di hasil pencarian dan cenderung untuk meng-klik judul yang menarik. Nah, dalam artikel ini, akan kita sajikan cara menulis judul yang baik untuk artikel blog.
Judul yang baik untuk artikel blog menurut pengalaman saya, adalah sebagai berikut:

1) Mencerminkan isi tulisan

Judul harus mencerminkan isi keseluruhan suatu artikel. Jadi dengan melihat atau membaca suatu judul di mesin pencari google, sedikit banyak seseorang sudah tahu apa isi artikel, atau dalam bahasa gampangnya, orang sudah tahu artikel tersebut kira-kira akan membahas tentang apa.

Contoh: Cara Meningkatkan  Penghasilan di Youtube Adsense
Maka dengan melihat judul tersebut, orang akan tahu bahwa isi artikel tersebut adalah bagaimana cara meningkatkan penghasilan di Youtube dengan program iklan Google Adsense.

Jangan sampai memberi judul Cara Meningkatkan Penghasilan di Youtube melalui program Adsense kok isi artikelnya malahan membahas tentang cara membuat blog secara mudah ntuk blogger pemula.

2) Menarik dan provokatif

Kemenarikan judul tulisan menurut kami adalah judul yang membuat orang ingin membacanya. Biasanya, judul yang menarik ini panjang judul tidak lebih dari dua belas kata seperti makalah atau skripsi mahasiswa. Namun juga tidak terlalu pendek. Kecuali judul satu kata seperti Goenawan Moehammad seperti di Kolom Catatan Pinggir-nya di Majalah Tempo itu! (Kalau Anda sudah setenar Goenawan Moehammad sih nggak apa-apa!)

Oya, dalam hal ini, kita sebagai penulis memang harus pandai-pandai untuk menemukan ide yang kira-kira menarik. Sebab, biasanya judul yang menarik itu sejalan dengan isi artikel yang menarik.

Mengenai unsur provokatif, dewasa ini banyak sekali bertebaran judul di media sosial utamanya Facebook yang sangat-sangat buruk! Misalnya: "Astaghfirulloh! Inilah yang dilakukan oleh Agnezmo...." atau "Inilah kelakuan anak muda zaman sekarang yang...."

Mengapa judul di atas buruk? Judul pertama "Astaghfirulloh! Inilah yang dilakukan oleh Agnezmo" itu sama sekali tidak mencerminkan isi tulisan. Apalagi judul ke dua, memangnya kita akan tahu dengan membaca judul: Inilah yang dilakukan oleh anak muda zaman sekarang....?"
Anehnya, pembaca artikel tersebut di Facebook mencapai ribuan! Edaan! Saya nggak habis pikir mengapa demikian? Tetapi, saya kira itu biasanya adalah karena konten artikel yang bersponsor! Jadi, silakan Anda bikin judul seperti itu, dengan membayar Facebook/mengiklankan konten Anda supaya dibaca dan diklik oleh orang banyak! Kalau saya sih, No WAY! Saya seperti ini saja sudah cukup! Hehehe.


3) Ditulis dengan tata bahasa yang baik

 Penulisan judul yang sering kali salah saya perhatikan adalah terutama dalam penulisan huruf kapital. Judul yang baik harus memperhatikan penulisan huruf kapital dengan benar.

Contoh: Hati-hati dengan Jasa Upload Video Youtube!

Penulisan awal kata pada judul harus diawali dengan huruf kapital, kecuali pada kata di, ke, dari, pada, dengan, dan sebagainya.

4) Hindari judul yang menipu

Judul yang menipu atau SPAM ini sangatlah menjengkelkan. Benarlah Anda akan mendapatkan banyak pengunjung dengan menulis judul yang menipu seperti ini. Tetapi, saya akan memberi daftar hitam kepada setiap website seperti ini. Dengan kata lain, blog/website seperti ini TIDAK AKAN SAYA KUNJUNGI LAGI!

Contoh: saya pernah mencari kisi-kis i Ujian Nasional Bahasa Indonesia SD tahun 2015/2016. Ketika saya menemukan judul seperti itu di hasil pencarian Google, ternyata isinya adalah kisi-kisi tahun 2013/2014! Edaan!

Nah, menurut saya itulah cara menulis judul yang baik untuk artikel blog. Semoga bermanfaat.


Related Posts

0 comment:

Post a Comment