Cara Meningkatkan Penghasilan Youtube Adsense

shares |

Portal Tricks - Cara Meningkatkan Penghasilan Youtube Adsense

Portal Tricks


Bagi Anda yang telah memonetisasi video Youtube tetapi penghasilan masih jauh dari harapan, dalam artikel ini kami akan sedikit berbagi tentang cara meningkatkan penghasilan dari Youtube Adsense. Pengalaman kami sendiri, bermain Adsense baik dengan blog maupun video Youtube memang "misterius", penuh teka-teki, kadang di luar dugaan, antara kreativitas dan sekaligus faktor keberuntungan bercampur semuanya menjadi satu. Yang jelas, tetap semangat saja kawan. "Menyerah" jangan sampai ada di dalam kamus kita! :)


Penghasilan dari monetisasi video Youtube Adsense berbanding lurus dengan jumlah tayangan/pengunjung pada video kita. Oleh sebab itu, bisa dikatakan cara meningkatkan penghasilan youtube adsense ini sama dengan cara meningkatkan jumlah pengunjung. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1) Membuat Video Original atau Asli

Originalitas/keaslian video yang kita buat merupakan pokok penting yang harus kita lakukan. Selain hal itu aman dari klaim hak cipta, video original buatan sendiri merupakan cerminan kreativitas seseorang pegiat Youtube. Kreativitas, bukan plagiat. Bagi saya pribadi, video original bagaimana pun lebih saya hargai daripada video hasil rekaman di TV!

Oleh sebab itu, jika Anda memang ingin serius menekuni Youtube Adsense, sebaiknya Anda selalu siapkan kamera video. Rekamlah peristiwa-peristiwa yang sekiranya unik, langka, dan menarik yang Anda temui, suatu peristiwa yang "tidak bisa direka ulang", seperti fenomena penampakan alam, hewan peliharaan Anda yang lucu misalnya Kucing tiba-tiba bergerak-gerak seperti menari dengan "AJAIB"!

Perlu ditambahkan, sebaiknya Anda juga membuat saluran video (channel) dengan pilihan tema/niche video yang prospektif dan banyak dicari orang. Saya tidak merekomendasikan Anda membuat Channel Sepakbola hasil rekaman TV! Lebih Anda bikin channel tutorial komputer, mesin, software, tips kesehatan, film, maupun hal-hal yang lucu.

Untuk software pengolah video, Anda bisa menggunakan movie maker, camtasia studio, atau apa pun sesuai selera Anda. 

2) Gunakan kata kunci yang relevan dengan judul atau isi video yang kita buat

Setelah memproduksi video dan mengunggahnya ke Youtube, Anda bisa menambahkan kata kunci yang sesuai dengan isi video Anda. Mengenai kata kunci ini, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu. Cara paling gampang untuk riset, adalah Anda buka Google Search Engine, lalu ketikkan misalnya "Cara Meningkatkan Pendapatan Youtube", biasanya mesin pencari sudah "merekomendasikan" sendiri pada kolom pencarian.

Catatan: Jangan sampai Anda menjadi seorang PENIPU. Maksudnya menipu, membuat spam, membuat judul dan kata kunci yang tidak sesuai dengan isi video. Hal ini banyak sekali kita temui di Youtube. Saya pernah jengkel ketika mengetik link video di Youtube berjudul "Crows Zero 4" tapi ternyata isinya cuma slide show gambar-gambar Takiya Genji pada Crows Zero 1 dan 2! Saking jengkelnya saya lalu menekan tombol "tidak suka" "unlike" pada video yang tidak sesuai semacam itu!

3) Buatlah video yang awet dan up to date jika yang anda buat adalah tutorial

Video tutorial merupakan video yang banyak dicari di Youtube. Pengalaman saya, untuk membetulkan charger laptop yang rusak pun mencari tutorial di Youtube.

Bagi Anda yang ingin membuat video tutorial, buatlah tutorial yang "awet" dalam artian terus berlaku, seperti memperbaiki barang-barang elektronik seperti TV, Radio, DVD. Saya kira barang-barang tersebut masih ada hingga tahun-tahun mendatang untuk waktu yang lama. begitu juga tutorial mengenai mesin, software, hingga tutorial memasak, merias, membuat website, bahkan bermain GAME!

Usahakan pula tutorial yang Anda buat selalu Up to date, terkini, dan kalau perlu buatlah secara berseri.

4) Buatlah video berbahasa Inggris.

Membuat video dalam bahasa Indonesia memang sudah menghasilkan. Akan tetapi, menurut pengalaman beberapa teman yang sudah master dan ahli dalam dunia Youtube, penghasilan dengna video bahasa Inggris lebih besar daripada bahasa Indonesia.

Bahkan teman saya ada yang membuat video dengan judul "Joget Bayi yang Lucu Menggemaskan (Funny Baby Dancing)

5) Taruhlah link/tautan video Anda di blog/website Anda, jika ada.

Setelah video Anda ter-publish (dipublikasikan), sebarkanlah link/tautan video Anda. Anda bisa meletakkannya di website/blog Anda. Catatan: blog yang hanya berisi video untuk saat ini tidak dianjurkan oleh Google, sejak Youtube tergabung dengan perusahaan raksasa Google.

Oya, sebarkan juga tautan video Anda di sosial Media seperti Google Plus atau Facebook. Namun ingat! Anda jangan menyebarkan tautan secara membabi buta. Salah-salah Anda dianggap menyebar spam/virus. hal itu sangat dibenci bahkan mungkin oleh teman-teman di Lingkaran Anda sendiri! :P

7) Coba membangun relasi, dengan cara subscribe/berlangganan terhadap saluran channel orang lain.

Anda mengikuti suatu akun, maka harapannya dia juga berlangganan/mengikuti saluran yang Anda produksi. Jika mereka tidak kunjung subscribe balik pada saluran kita, maka hentikan saja langganan pada akun mereka. Berarti mereka tidak mau menjalin kerjasama/silaturahmi. wkwkwk.

Demikian menurut kami Cara Meningkatkan Penghasilan Youtube Adsense. Semoga bermanfaat. Salam!


Related Posts

0 comment:

Post a Comment