Cara Membuat Sitemap (Daftar Isi) Blog yang Keren

shares |

Portal Tricks - Cara Membuat Sitemap (Daftar Isi) Blog yang Keren





Sitemap atau daftar isi merupakan elemen penting dari sebuah blog. Sitemap berguna untuk memudahkan pembaca untuk mengindeks tulisan-tulisan kita. Dari sitemap atau daftar isi, pembaca akan tahu isi blog kita secara singkat, daftar artikel menurut kategori, atau mana saja artikel terbaru. Oya, selain itu, sitemap juga bisa berfungsi untuk mempercantik blog. Blog dengan tampilan sitemap yang keren, tentu saja akan lebih menarik.

Pada perkembangan selanjutnya, kabarnya sitemap merupakan elemen yang disyaratkan harus ada di sebuah blog pada webmaster google bila blog tersebut hendak didaftarkan ke program AdSense. Selain sitemap, kita harus pula menyertakan privacy polici, about, contact me, dan disclaimer. 

Dalam artikel ini, kami akan memberikan sedikit tips membuat sitemap/daftar isi blog yang keren di blogspot. (Untuk cara membuat privacy policy, disclaimer, about atau contact me, insyaalloh akan kami bahas pada posting-posting selanjutnya, semoga saja sempat) hehehe.

Berikut ini adalah cara membuat sitemap/daftar isi di blog (blogspot)

1. Masuk ke dasbor blog Anda, klik atau pilih TATA LETAK.

2. Pilih TAMBAH GADGET di mana Anda ingin meletakkan sitemap (selanjutnya bisa Anda edit letaknya suka-suka). Biasanya sitemap diletakkan di laman atas. 

3. Pilih HTML/JavaScript

4. Pada bagian Mengonfigurasi HTML/JavaScript, silakan Anda tuliskan Judul (Misalnya Daftar Isi), dan pada bagian KONTEN silakan Anda Copy dan Paste script di bawah ini.

<div style="overflow:auto;height:250px;padding:10px;border:1px solid #eee"><script src="https://html-scripts.googlecode.com/files/feeds.js"></script><script src="http://URLsitusAnda/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script></div>
Pada bagian  "http://URLsitusAnda/ feeds/ posts/ default? max-results= 9999&amp; alt= json-in-script & amp;callback= loadtoc" > silakan Anda ganti URLsitusAnda dengan memasukkan URL situs Anda.

Anda juga bisa mengubah ukuran sitemap Anda dengan mengganti 250px dan 10px pada script di atas sesuai ukuran yang Anda inginkan.

5. Klik SIMPAN/SAVE template Anda.

6. Refresh, selesai.

Nah, sekarang Daftar Isi/Sitemap Anda telah berhasil dibuat. Mudah, bukan? "Semua akan mudah kalau kita tahu caranya," nasihat bijak dari seorang teman. "Bila ada kemauan, maka akan ada seribu jalan," dan "jika tidak ada kemauan, maka akan ada seribu alasan," bunyi sebuah pepatah Arab.

Oya, dan bagaimana hasil sitemap/daftar isi tersebut menurut Anda? Kalau menurut kami, ini sudah cukup keren dan memenuhi syarat sebagai sebuah sitemap/daftar isi.

Nah, demikianlah cara membuat sitemap/daftar isi scroll di blog. Semoga tulisan ini bermanfaat, khususnya bagi Anda.

Salam.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment