Cara membuat anti klik kanan di blogger

shares |



Portal tricks - Cara membuat anti klik kanan di blogger

tutorial blog
Di jaman yang serba canggih ini kadang-kadang malah membuat manusia menjadi malas, terlebih dengan segala kemudahan internet menyebabkan kecenderungan seseorang yang “sedikit-sedikit mengandalkan mbah google”. Contoh kemudahannya kita bisa ngeblog kapan pun di mana pun Baca tentang aplikasi blogger seluler. Kembali ke laptop bos, akibatnya tradisi literer dengan mengunjungi perpustakaan semakin surut dan bahkan hilang. Rupa-rupanya rasa malas itu juga menjangkiti para blogger blangsak yang gemar mencopas artikel orang lain. Mereka malas membuat konten unik dan cuma mengandalkan copas artikel orang lain. Sialnya lagi, kadang-kadang justru artikel para pencopas menempati urutan teratas pencarian pada serp google. Kamu sebagai pembuat artikel asli, keki nggak sih kalau artikel kamu dicopas 100 %? 

Dalam diskusi forum, aksi copas mencopas ini dikeluhkan oleh para blogger. Sebab, biasanya mereka yang rajin banget bikin konten konten unik, eh nggak taunya dicopas. Nah dalam artikel ini dibahas bagaimana caranya supaya artikel kita nggak bisa dicopas, yaitu dengan cara mendisable klik kanan pada blog kita. Cara ini cukup ampuh untuk memproteksi artikel kamu dari para pencopas. 


Oya, sebelum kamu praktekin tutorial ini, kamu harus tahu dulu kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya tentu karena artikel kamu aman dari intaian para pencuri konten. Tapi kekurangannya adalah blog kamu jadi tinggi prosentase bounce rate nya. Sekedar tahu saja, bounce rate itu data berupa prosentase yang melaporkan tentang visitor kamu yang minggat setelah artikel kamu selesai diload. Kedua, bagi kamu yang punya konten blog tentang ilmu pengetahuan, tentu kamu nggak bisa beramal bagi para mahasiswa atau pelajar yang butuh artikel kamu sebagai referensi pendidikan mereka.

Oke bos langsung saja nggak usah berbelit belit, begini caranya.


  1. Login ke blogger dengan gmail kamu 
  2. Pilih blog yang akan kamu disable klik kanannya 
  3.  Pilih template, lalu kamu pilih edit html. Sebelumnya kamu perlu cadangkan dulu template kamu yang sekarang kamu pakai. Caranya klik “cadangkan/pulihkan” di pojok kanan atas, lalu unduh template. Ini penting supaya jika tutorial ini gagal kamu praktekkan, kamu gak bakal keluar keringat dingin gara-gara templatenya jadi ancur (bagi pemula bos). 
  4. Cari kode <body>, supaya mudah kamu tekan ctrl+f 
  5. Sudah bos? Jika sudah ketemu, kamu tinggal hapus kode tersebut dan ganti dengan kode berikut <body oncontextmenu='return false;'> 
  6. Simpan Template kamu, pastikan proses save ini selesai ya bos, kadang-kadang internet kita suka lemot, maklum kita tinggal di Indonesia bos :D kualitas layanan internet kurang jos. 
  7. Saatnya kamu cek tutorial ini berhasil atau tidak, lihat blog kamu. Cobalah klik kanan. Kalau nggak bisa, berarti tutorial berhasil, kalau gagal “yang sabar ya bos?”

Demikian tutorial singkat ini, walaupun sebenarnya trik ini juga bisa diakali, tetapi setidaknya sedikit mengurangi niat jahat para blogger blangsak. Semoga bermanfaat, salam sukses! []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment