Cara cepat meningkatkan CPC adsense

shares |

Portal Tricks – Cara cepat meningkatkan CPC adsense

Bermain adsense itu gampang-gampang susah. Gampang buat yang sudah mahir, susah bagi pemula. namun ada kalanya pemula yang tekun dalam belajar meningkatkan pendapatan adsensenya, tidak mustahil akan mendapatkan bayaran melebihi para pemain lama di adsense. Ada satu hal yang perlu diperhatikan dalam bermain adsense, yaitu bagaimana trik untuk meningkatkan CPC adsense.

Bagi yang belum tahu saja, CPC adalah Cost per click. Atau mudahnya adalah berapa kita akan dibayar tiap mendapatkan sekali klik pada iklan yang kita publish di blog. CPC atau Cost Per Click sering kali dirasa kurang memuaskan atau dengan kata lain nilak PerKlik untuk konten atau artikel Indonesia, dirasa kebanyakkan Blogger masih terlalu rendah, jika dibanding dengan nilai PerKlik dari artikel berbahasa Inggris. Tapi jangan salah, bukan berarti nilai PerKlik tersebut tidak bisa ditingkatkan lagi.


Satu lagu lagi, eh salah, satu lagi , blog-blog yang telah lama malang melintang di adsense (blog berumur) biasanya punya CPC lebih tinggi daripada blog-blog baru yang menjamur bak jamur di musim hujan. Hehehe. Oke, tapi bagi kamu yang masih belajar alias nubi, jangan khawatir, kamu tidak sedang kesasar nemu blog ini. Dan inilah tips untuk meningkatkan CPC adsense.  

Perlu diketahui dulu, bahwa main adsense seperti main dunia supranatural alias alam goib. kita gak pernah tau persis rahasianya, namun setidaknya ada beberapa pengalaman saya yang bisa kamu terapkan di blog kamu untuk meningkatkan CPC adsense. Trik ini terbukti ampuh. Dulu saya harus nugguin lebih dari setahun untuk bisa pay out (bayaran), sekarang? jangan tanya ya! hahaha 

Portal Tricks

Oke langsung saja bos!

1. Niche
Tentang apa blog kamu? Google itu sudah menetapkan besaran nominal dari setiap Niche yang kita pilih. Kalau nichemu gak menjual ya CPC nya kecil. Kalau pengen bagus pendapatannya, ya pake niche yang keren, misalnya kesehatan. Bagus lagi kalau kamu exprert di bidang itu, jadi bisa menjabarkan secara spesifik dan gak copas secara membabi buta, hehehe.Contohnya nih jika kamu memilih untuk membuat artikel dengan Niche Kesehatan, lebih spesifik lagi tentang Penyakit, maka sudah bisa diprediksi bahwa CPC atau Nilai PerKlik yang akan kamu dapat adalah sebesar $0.1 - 5$.   satu lagi niche yang aku rekomendasikan buat kamu, yaitu ASUransi.  (Baca juga : Contoh Niche Blog yang bagus untuk adsense)

2. Jenis Iklan 
Jenis iklan Adsense yang kamu pilih juga akan menentukan besar kecilnya CPC yang akan kamu dapat, saya sendiri menyarankan untuk menggunakan Jenis iklan Rectangular Ads, Leaderboards or Skyscrapers atau jika dalam dimensi adalah 300×250, 336×280, 728×90 dan 160×600.   Alasannya kenapa sebaiknya kamu menggunakan ketiga jenis iklan tersebut adalah karena banyaknya pengiklan yang ingin memasang iklan dengan format atau ukuran iklan seperti itu. Nah, dengan ada banyaknya pengiklan, maka bisa dipastikan penawar dengan nilai tertinggi yang akan mendapatkan hak untuk beriklan di ketiga jenis iklan tersebut. Dan ini artinya iklan yang akan tampil di situs kamu adalah iklan-iklan pilihan dengan Nilai Klik yang tinggi.  

3. Letak Iklanmu dimana bro? 
Tidak hanya jenis iklan, penempatan iklan juga akan berpengaruh pada besar kecilnya Nilai PerKlik yang akan kamu peroleh. Faktanya penempatan iklan terbaik sesungguhnya bukan berada di sebelah Logo, dibawah Judul atau di Sidebar, melainkan penempatan iklan yang baik adalah setelah paragraf pertama atau paragraf kedua. Jadi iklan seolah akan menyatu dengan artikel yang kamu buat.   Bisa juga kamu menempatkan iklan di akhir artikel, jadi setelah pengunjung selesai membaca artkel kamu, mereka akan mengklik Iklan. Dan dengan begini artinya klik yang dilakukan pengunjung akan sangat valid, dan tentunya ada nilai lebih untuk itu, termasuk kemungkinan meningkatnya cpc yang kamu dapat.  

4. Jumlah Iklan ngaruh banget bos
Banyaknya jumlah iklan yang kamu pasang akan berbanding terbalik dengan besarnya nilai klik yang akan didapat. Sebagi contoh, jika  kamu memasang 1 Iklan saja, maka CPC cenderung akan lebih tinggi ketimbang kamu memasang 2 atau 3 Iklan sekaligus. Kenapa bisa begitu ? hal ini sudah diatur otomatis oleh Google, dimana iklan yang akan tampil di Situs kamu dipilih secara otomatis mana yang mempunyai CPC Terbesar, dan selanjutnya akan ditampilkan. Mudahnya, para Advertiser akan bersaing untuk memasang iklan di situs kamu (karena hanya 1 slot) maka pemasang iklan dengan budget terbesar yang akan memenangkan tempat tersebut. Itu artinya nilai klik yang akan kamu dapat juga lebih besar. Iklan Gambar vs Iklan Teks, pilih mana? Sebagaian dari kamu pasti akan memilih untuk menggunakan keduanya bukan ? artinya saya yakin kamu akan menggunakan 'Image and Teks Ads'. Padahal jika kamu melakukan penelitian (baca: riset) maka kamu akan mendapatkan Iklan Teks lebih menghasilkan ketimbang Iklan Gambar.

5. Kecepatan Situs 
Google pernah mengatakan bahwa kecepatan situs besar atau kecil berpengaruh pada ranking suatu blog di SERP (Search Engine Result Page). Semakin ringan website atau blog kamu, maka akan semakin baik peringkat kamu di SERP. Itu artinya juga akan semakin meningkatkan pengunjung ke Blog kamu, dan dampaknya juga akan kamu rasakan pada kenaikkan pendapatan Google Adsense. Bagitu juga dengan Adsense, konon katanya kecepatan situs juga menentukan nilai CPC, jadi semakin cepat situs kamu, maka semakin besar pula CPC yang akan kamu dapat.   Oke semoga CPC kamu bisa cepat meningkat, jadi nggak terus terusan dapat 5 dolar aja tiap 5 bulan, hehehe. []

Baca juga bro: 

Bagaimana Mendapatkan Penghasilan dari Blog Sampai Ribuan Dolar dengan Adsense?

Related Posts

1 comment:

Post a Comment