Aplikasi Blogger Seluler Android (Kelebihan dan Kekurangan)

shares |

Portal Tricks - Aplikasi Blogger Seluler / Android


Aktivitas menulis di blog saat ini sudah tidak terbatas ruang dan waktu lagi. Untuk menulis di blog, seorang blogger tidak harus berada di dalam ruangan, menyalakan komputer/laptop dan mulai menulis. Dengan aplikasi blogger seluler, kini aktivitas ngeblog bisa lebih mudah dilakukan dalam perjalanan. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara GRATIS. Untuk mengunduh aplikasi ini (download) Anda bisa klik di sini.  
Sekadar berbagi pengalaman, di sini kami akan memaparkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi blogger seluler ini.

Kelebihan Menggunakan Blogger Seluler

1. Mobilitas Tinggi
"Publikasikan pos blog saat di perjalanan". Itulah tagline slogan yang tertulis di dasbor blogger. Dengan aplikasi ini, membuat Anda bisa dengan mudah posting dan berbagi post di mana saja. Anda sekarang tidak perlu repot-repot mengaktifkan laptop Anda yang lebih ribet, maka Anda cukup hanya dengan menginstal aplikasi di ponsel Anda dan bisa memublikasikan pos dengan mudah seperti menulis sms.

2. Fitur utama yang sederhana, simpel, dan mudah
Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi blogger seluler ini cukup bagi Anda untuk membuat posting di tengah aktivitas perjalanan Anda. Beberapa fitur utama yang tersedia pada aplikasi ini antara lain:

a) New Entry/posting baru. Anda bisa memilih fitur ini dan mulai menulis.
b) Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyisipkan foto dengan mudah. Foto yang dimaksud di sini adalah foto yang ada di dalam direktori ponsel Anda, baik pada penyimpanan internal maupun eksternal (kartu SD). Berbeda dengan menulis artikel blog dengan laptop, yang meskipun ada fasilitas webcam namun fasilitas webcam ini jarang sekali digunakan orang untuk memotret, jadi biasanya Anda akan memindahkan foto dari perangkat lain ke dalam laptop terlebih dahulu bila Anda mem-publish pos blog dengan laptop.

Nanti arsip artikel Anda pun akan dikelompokkan menjadi tiga bagian: yaitu Semua Pos, Pos yang dipublikasikan, dan draf.

c) Memungkinkan Anda mengelola lebih dari satu blog.
Setelah Anda menginstall aplikasi ini di ponsel Anda dan mengkonfigurasi akun Anda, maka seluruh blog yang Anda kelola dalam satu akun tersebut bisa diakses dengan aplikasi ini.

3. Menggunakan Produk Google
Kelebihan selanjutnya adalah, dengan Anda menggunakan aplikasi Blogger Seluler maka artinya Anda telah menggunakan salah satu produk Google. Dengar-dengar kabar info dari teman, Google menyukai aktifitas seperti ini, sebagaimana "konon" pengguna blogspot "lebih mendapat perhatian" dari Google Adsense daripada pengguna Wordpress. Benar tidaknya, saya kurang begitu paham, akan tetapi rasa-rasanya memang demikian. 

Kekurangan Blogger Seluler

Di samping beberapa kelebihan di atas, bukan berarti tidak ada sisi negatif/kekurangan ketika Anda menggunakan fasilitas Blogger Seluler ini. Beberapa kekurangannya menurut kami adalah sebagai berikut:

1. Kesalahan Penulisan
Typo atau kesalahan penulisan huruf mungkin akan sangat sering terjadi saat Anda mencoba menulis konten artikel menggunakan blogger seluler. Hal ini berhubungan dengan ukuran permukaan keyboard pada layar ponsel Anda. Bayangkan, bila Anda masih suka salah-salah tulis huruf pada keyboard laptop Anda, apalagi ketika menulis konten blog dengan ponsel, yang panjang artikelnya jauh melebihi sekadar pesan singkat atau sms.

Jika melihat poin kekurangan ini, sebenarnya hal ini lebih dikarenakan seberapa besar/lebar layar ponsel Anda. Oleh sebab itu, bagi para blogger yang tidak benar-benar (super) sibuk, biasanya enggan untuk menginstall aplikasi blogger seluler ini. Ya, bukan karena aplikasi yang jelek, melainkan mereka masih memiliki banyak kesempatan untuk menulis dengan menggunakan PC atau laptop.

2. Beberapa fitur tidak tersedia pada aplikasi blogger seluler
Seperti yang telah saya sampaikan pada point kelebihan blogger seluler ke dua, bahwa fitur yang ada didesain dengan sangat simpel, ringkas, dan mudah. Fitur pokok untuk menulis konten tentu saja adalah "new entry", "Insert Foto", "Save" atau "Publish". Dengan fitur-fitur tersebut, sudah cukup bagi seorang blogger untuk mem-publish sebuah pos blog.

Sementara untuk fitur "Alignment", "Font" dan "Font Size", "Numbered" dan lain-lain tidak tersedia di sini. Oleh sebab itu, cara mengatasinya adalah "yang penting posting dulu" ada pun editing pos bisa dilakukan pada waktu selanjutnya. Jadi memang "dua kali kerja".

Namun, secara keseluruhan, bagi saya Aplikasi Blogger Seluler ini cukup bermanfaat dan cukup membantu pekerjaan saya dalam mengelola blog. Sampai sekarang, aplikasi ini masih ada di ponsel saya, tidak saya copot pemasangannya, toh ukuran file aplikasi ini tidak banyak memakan kapasitas penyimpanan.

Demikian sekilas tentang Aplikasi Blogger Seluler Android, Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga bermanfaat.

Salam.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment