Ragam manfaat hutan hujan tropis

shares |

Chemistricks.com - ragam manfaat hutan hujan tropis
Sewaktu kita masih duduk di bangku sekolah dasar tentunya telah dikenalkan beragam manfaat tentang hutan hujan tropis, terlebih bangsa Indonesia adalah salah satu negara dengan kawasan hutan hujan tropis terbesar di dunia. Oleh sebab itu kelestarian hutan hujan tropis mutlak diperlukan untuk terus menjaga kelangsungan hidup di bumi.
berikut merupakan pembahasan tentang manfaat hutan hujan tropis. namun sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu apa itu hutan hujan tropis.
hutan hujan tropis
Hutan hujan tropika atau sering juga ditulis sebagai hutan hujan tropis adalah bioma berupa hutan yang selalu basah atau lembap, yang dapat ditemui di wilayah sekitar khatulistiwa; yakni kurang lebih pada lintang 0°–10° ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa. Hutan hujan tropis bisa juga diartikan sebagai hutan yang terletak di daerah tropis yang memiliki curah hujan tinggi.Maka dari itu, disebut Hutan Hujan Tropis.Hutan-hutan ini didapati di Asia, Australia, Afrika, Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko dan Kepulauan Pasifik. Dalam peristilahan bahasa Inggris, formasi hutan ini dikenal sebagai lowland equatorial evergreen rainforest, tropical lowland evergreen rainforest, atau secara ringkas disebut tropical rainforest.

Hutan hujan tropika merupakan rumah untuk setengah spesies flora dan fauna di seluruh dunia.Hutan hujan tropis juga dijuluki sebagai "farmasi terbesar dunia" karena hampir 1/4 obat modern berasal dari tumbuhan di hutan hujan ini.




Hutan hujan tropis merupakan salah satu jenis hutan yang saat ini keberadaannya sudah sangat terancam akibat pembukaan lahan dan juga penebangan secara liar. Hutan hujan tropis sendiri, sesuai dengan namanya, merupakan salah satu jenis hutan yang berada pada iklim tropis, dimana pada hutan hujan tropis ini, terdapat banyak sekali ekosistem-ekosistem dari flora dan fauna eksotis khas daerah beriklim tropis.

Wilayah Hutan Hujan Tropis

manfaat hutan hujan tropisHutan hujan tropis sendiri bisa kita temui di semua iklim tropis, yaitu bagian Asia tenggara, termasuk Indonesia. Statistik menunjukkan bahwa hutan hujan tropis paling banyak dan luas berada pada daerah Amerika selatan, dengan Hutan hujan tropis nya yang sangat besar, yaitu daerah Amazon.

Sebagai salah satu hutan yang sangat besar, hutan hujan tropis pastinya memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Apa saja manfaat dari hutan hujan tropis ini? Berikut ini adalah manfaat dari hutan hujan tropis :
Sebagai penyeimbang ekosistem dunia, tidak hanya menjadi penyeimbang ekosistem dalam satu negara dimana lokasi hutan hujan tropis tersebut berasal, namun juga hutan hujan tropis merupakan penyeimbang ekosistem di seluruh dunia. Hutan hujan tropis merupakan penyuplai manfaat oksigen terbesar di bumi kita ini. Daerah hutan hujan tropis memiliki curah hujan yang jauh lebih tinggi dibandingkan daerah hutan biasa yang tidak terletak pada daerah yang beriklim tropis. Hutan hujan tropis juga dapat mencegah banjir dan bencana alam lainnya. Sejalan dengan manfaat dari hutan hujan tropis sebagai salah satu lokasi yang dapat menjadi resapan air, maka hutan hujan tropis juga memiliki fungsi dan manfaat yang baik untuk mencegah kemungkinan munculnya bencana alam. Sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung hewan liar. Sebagai salah satu penyeimbang ekosistem, hutan hujan tropis merupakan tempat tinggal sekaligus tempat berlindung bagi para satwa-Satwa yang hidup di sekitar hutan hujan tropis. Para satwa ini hidup dan bertahan di daerah hutan hujan tropis, karena hutan hujan tropis menyediakan segalanya, mulai dari tempat bernaung, hingga makanan dan minuman untuk para hewan dalam bertahan hidup.
Hutan hujan tropis juga merupakan salah satu sumber mata pencaharian, tidak hanya bagi mereka para suku pedalaman yang menggantungkan hidupnya dari hutan hujan tropis, namun juga masyarakat modern yang tinggal di sekitar daerah hutan hujan tropis. Masyarakat modern yang tinggal di sekitar hutan hujan tropis memanfaatkan hutan hujan tropis sebagai sumber mata pencaharian dan sumber kehidupan mereka. Mereka masuk ke dalam hutan hujan tropis untuk mencaru kayu, dan juga makanan. Selain untuk dikonsumsi sendiri, hasil yang mereka peroleh dari hutan hujan tropis dapat mereka jual, sehingga menghasilkan uang untuk membeli keperluan – keperluan mereka yang lainnya, yang tidak bisa diperoleh di hutan hujan tropis. Biasanya, anda dapat menjelajahi hutan hujan tropis, dan berkemah di dalam lingkungan hutan hujan tropis. Para peneliti yang masuk ke dalam hutan hujan tropis biasanya berharap dapat menemukan dan meneliti kehidupan hewan dan tumbuhan secara langsung yang berada di dalam hutan hujan tropis, dan bukan tidak mungkin mereka akan menemukan spesies baru.
Demikianlah ragam manfaat hutan hujan tropis.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment