Mengatasi Penyakit Padi

shares |

Chemistricks.com - mengatasi penyakit padi

Padi merupakan salah satu tumbuhan terpenting di Indonesia, dikarenakan bangsa Indonesia khususnya jawa menjadikan tanaman padi yang diolah menjadi beras sebagai makanan pokok. Oleh sebab itu, penanaman padi harus memperhatikan prosedur penanaman dan juga pemberantasan hamanya.
Salah satu penyakit padi yang banyak terjadi adalah serangan dari hama, misalnya hama wereng. Jumlahnya terkadang sangat banyak sehingga dapat mengancam peluang petani untuk mendapatkan panen yang berlimpah. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara memantau perkembangan hama yang dapat menyebabkan serangan pada tanaman padi, yaitu dengan menggunakan sebuah alat bernama yellow trap.
Apa itu Yellow Trap?
tulisan tentang yellow trap ini bersumber dari kika-batas.blogspotdotcom. berikut merupakan ulasan tentang yellow trap.
sumber gambar: ceritanurmanadi.files.wordpress.com

Yellow trap (perangkap kuning) adalah alat yang berfungsi untuk mengendalikan hama wereng dan penggerek batang padi, selain itu juga dapat digunakan untuk melakukan monitoring populasi hama yang paling dominan di daerah tersebut, khususnya pada daerah-daerah yang endemis serangan wereng coklat, sehingga kita dapat melakukan penanggulangan lebih awal dan menentukan kapan waktu tanam yang tepat, serta sebagai petunjuk pengendalian dengan menggunakan pestisida.

Yellow trap merupakan perangkap hama yang berbentuk rumah kecil (gubuk) berwarna kuning, terbuat dari seng dan dilengkapi dengan lampu, corong tempat masuk hama serta plastik tempat menampung hama yang terperangkap. Lampu perangkap dipasang pada ketinggian
150—250 cm dari permukaan tanah. Hasil tangkapan dengan lampu 100 watt dapat mencapai 400.000 ekor/malam. Apabila pada areal persawahan tidak tersedia listrik maka lampu 100 watt dapat digantikan dengan lampu kapal/petromak.
Demikian artikel tentang bagaimana cara mengatasi penyakit padi yang disebabkan oleh hama, yaitu dengan menggunakan yellow trap. semoga bermanfaat []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment