Klasifikasi dan ciri-ciri tumbuhan krokot

shares |

Chemistricks.com - Klasifikasi dan ciri-ciri tumbuhan krokot
Sebelumnya telah disinggung tentang manfaat krokot bagi kesehatan. lalu bagaimana cara kita mendapatkannya? ternyata mudah, sebab krokot tersedia di sekitar kita. Untuk itu, mari kita kenali klasifikasi dan ciri-ciri tumbuhan krokot yang bermanfaat bagi kesehatan tersebut.
Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).
Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Krokot
Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Hamamelidae
Ordo (Bangsa): Caryophyllales
Familia (Suku): Portulacaceae
Genus (Marga): Portulaca
Species (Jenis): Portulaca oleracea L.
NAMA-NAMA LAIN TUMBUHAN KROKOT
Nama Latin Krokot : Portulaca Leavis Wall
Indonesia: Gelang, krokot (Jawa)
Inggris: common purslane, little hogweed
Melayu: gelang pasir
Thailand: phak bia-yai
Pilipina: Gulasiman
Cina: ma chi xian, kwa-tsz-tsai
CIRI-CIRI TUMBUHAN KROKOT BATANG
Ciri Batang krokot berbentuk bulat yang tumbuh tegak atau sebagian/seluruhnya terletak di atas tanah tanpa mengeluarkan akar. Batangnya berwana cokelat keunguan dengan panjang 10-50 cm, Batang lembut memiliki rasa sedikit asam, dan asin.
Tangkainya pendek berbentuk bulat telur sungsang, bagian ujungnya bulat melekuk ke dalam. Pangkal batangnya membaji dengan tepi rata, panjangnya 1-4 cm dan lebar 5-14 mm.
DAUN
Ciri Daun krokot berwarna hijau dengan warna batang kemerahan, Warna permukaan atas daun hijau tua, permukaan bawahnya merah tua.
Daunnya tunggal, tebal berdaging, datar dan letaknya berhadapan atau tersebar.
BUNGA
Ciri Bunganya berkelompok 2-6 buah yang keluar dari ujung percabangan. Mahkota daunnya berjumlah lima buah, berwarna kuning dan kecil-kecil.bunga ini akan mekar pada pagi hari antara pukul 8.00-11.00 siang dan layu menjelang sore.
BUAH dan BIJI
Buahnya berbentuk kotak, bijinya banyak dengan warna hitam cokelat mengkilap. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan biji.
Demikianlah penjelasan tentang klasifikasi dan ciri-ciri tumbuhan krokot semoga bermanfaat.  



Related Posts

0 comment:

Post a Comment