Akibat Penebangan Hutan Secara liar

shares |

Chemistricks.com - Akibat Penebangan Hutan Secara liar

Penebangan hutan secara liar dapat berakibat buruk bagi kehidupan manusia.Sebagaimana diketahui bahwa banyak sekali penyebab atau alasan manusia melakukan penebangan hutan secara liar. Dampaknya tanpa pernah diduga oleh manusia, akibat keserakahan manusia semua harus menanggung akibatnya.

Sebagaimana diketahui bahwa  illegal logging dilakukan terhadap areal hutan yang secara prinsip dilarang. Di samping itu, praktek illegal logging dapat pula terjadi selama pengangkutan, termasuk proses ekpor dengan memberikan informasi salah ke bea cukai, sampai sebelum kayu dijual di pasar legal.
Akibat dan dampak buruk
Lantas apa saja akibat buruk penebangan hutan secara liar? Praktek illegal logging sudah barang tentu memiliki ekses negatif yang sangat besar. Secara kasat mata ekses negatifillegal logging dapat diketahui dari rusaknya ekosistem hutan. Rusaknya ekosistem hutan ini berdampak pada menurunnya atau bahkan hilangnya fungsi hutan sebagai penyimpan air, pengendali air yang dapat mencegah banjir juga tanah longsor. Sehingga rentan terhadap bencana kekeringan, banjir maupun tanah longsor. Di samping itu,illegal logging juga menghilangkan keanekaragaman hayati, berkurangnya kualitas dan kuantitas ekosistem danbiodiversity, dan bahkan illegal logging dapat berperan dalam kepunahan satwa alam hutan Indonesia.
Dari sisi ekonomis, illegal logging telah menyebabkan hilangnya devisa negara. Menurut Walhi, hasil illegal logging di Indonesia pertahunnya mencapai 67 juta meter kubik dengan nilai kerugian sebesar Rp 4 triliun bagi negara. Di samping itu, data Kementerian Kehutanan menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 1998 hingga 2004, kerugian Indonesia akibat illegal logging mencapai 180 triliun.
Sekarang kita telah mengetahui apa dampak buruk akibat penebangan hutan secara liar, semoga dengan mengetahui dampak buruk penebangan hutan secara liar akan mampu mengurangi tingkat kerusakan akibat keserakahan manusia tersebut. []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment