Akibat Pembakaran Hutan

shares |

Chemistricks.com - Pembakaran Hutan
Pembakaran hutan sebenarnya telah ada sejak zaman purba, hanya saja pembakaran hutan pada masa purba dilakukan sebatas untuk membuka lahan secara bijak seiring dengan kemampuan manusia bercocok tanam akibat revolusi kehidupan dari food gathering ke food producing.Teknik ini disebut sebagai slash and burn. Pembakaran hutan dilakukan manusia pada masa itu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akan lahan untuk bercocok tanam. Namun pembakaran hutan pada masa kini sama sekali berbeda dengan pembakaran hutan pada masa purba, pembakaran hutan pada masa kini sangat berdampak buruk pada kehidupan manusia.
ilustrasi pembakaran hutan

Padahal hutan merupakan paru paru bumi tempat berbagai macam binatang dan tumbuhan hidup, tempat hasil tambang, dan berbagai macam sumber daya lainnya yang berasal dari hutan yang tidak ternilai harganya bagi manusia. Hutan juga merupakan tempat sumber daya alam yang dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi manusia. Manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Adapun contoh contoh manfaat hutan secara langsung seperti sumber oksigen bagi bumi, tempat binatang hidup, penyediaan kayu, tempat menampung air dan hasil tambang. Manfaat hutan secara tidak langsung seperti untuk tempat rekreasi, pencegahan erosi, tempat perlindungan binatang ataupun tumbuhan yang hampir punah.
Peranan hutan untuk makhluk hidup sangatlah besar. Hutan dapat menetralisir karbon dioksida dan menjadikannya oksigen untuk makhluk hidup bernapas. Bayangkan saja jika kalian hidup dibumi yang dipenuhi dengan karbon dioksida dan tidak ada oksigen untuk maklhuk hidup bernafas. Pasti semua makhluk hidup akan kesulitan untuk bernafas dan perlahan-lahan, makhluk hidup yang ada di bumi akan punah. Lalu generasi-generasi kita selanjutnya tidak akan bisa melihat makhluk-makhluk hidup yang telah punah secara langsung, karena mereka kesulitan dalam bernafas. Oleh karena itu kita harus melestarikan hutan kita untuk masa depan dan generasi-generasi selanjutnya.
Kita harus mencegah terjadinya pembakaran hutan hanya untuk kepentingan segelintir golongan dan keperluan sesaat, mari lestarikan hutan untuk kehidupan masa mendatang yang lebih baik. []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment