Konsep larutan Asam dan Basa

shares |

Chemistricks.com - Konsep larutan Asam dan Basa


Asam dan basa sudah dikenal sejak sebelum ilmu kimia lahir, akan tetapi baru dipelajari sekitar abad ke 18. Asam dan basa merupakan senyawa penting yang berperan besar dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam tubuh makhluk hidup, makanan dan obat-obatan, produk rumah tangga, pertanian, maupun bahan baku industri. Senyawa asam dan basa merupakan salah satu kelompok elektrolit yang banyak berperan dalam rekasi kimia. Suatu asam atau basa dapat berupa zat padat, cairan, atau gas.

Contoh asam basa dalam kehidupan sehari hari di antaranya buah-buahan mengandung asam, misalnya asam sitrat, air aki pada mobil mengandung asam sulfat, cuka makan mengandung asam etanoat/asetat., Buah-buahan memiliki rasa asam berkat adanya senyawa asam yang dikandungnya. Jeruk mengandung asam sitrat, sedangkan anggur mengandung asam tartrat, Air susu yang rusak dapat menghasilkan asam laktat, Cairan pengapur tembok  yang disebut airkapur adalah larutan kalsium hidroksida, Para ibu rumah tangga banyak menggunaan larutan amonium hidroksida  untuk membersihkan marmer atau kaca jendela. Dapatkah Anda menyebutkan contoh asam dan basa yang lain?
Asking Yourself
Cuka makan berasa asam. Zat ini digolongkan ke dalam zat asam. Sementara itu, sabun, deterjen, dan pasta gigi digolongkan ke dalam zat basa. Menurut Anda, apa yang mendasari suatu zat digolongkan ke dalam zat basa?

Teori asam dan basa Arrhenius

·      Asam adalah zat yang menghasilkan ion hidrogen dalam larutan.
·      Basa adalah zat yang menghasilkan ion hidroksida dalam larutan.

Teori asam dan basa Bronsted-Lowry

·      Asam adalah donor proton (ion hidrogen).
·      Basa adalah akseptor proton (ion hidrogen).
Hubungan antara teori Bronsted-Lowry dan teori Arrhenius
Teori Bronsted-Lowry tidak berlawanan dengan teori Arrhenius - Teori Bronsted-Lowry merupakan perluasan teori Arrhenius.
Teori asam dan basa Lewis
Teori ini memperluas pemahaman anda mengenai asam dan basa.
·      Asam adalah akseptor pasangan elektron.
·      Basa adalah donor pasangan elektron.

Hubungan antara teori Lewis dan teori Bronsted-Lowry

Basa Lewis
Hal yang paling mudah untuk melihat hubungan tersebut adalah dengan meninjau dengan tepat mengenai basa Bronsted-Lowry ketika basa Bronsted-Lowry menerima ion hidrogen. Tiga basa Bronsted-Lowry dapat kita lihat pada ion hidroksida, amonia dan air, dan ketianya bersifat khas.
Asam Lewis
Asam Lewis adalah akseptor pasangan elektron. Pada contoh sebelumnya, BF3 berperilaku sebagai asam Lewis melalui penerimaan pasangan elektron mandiri milik nitrogen. Pada teori Bronsted-Lowry, BF3 tidak sedikitpun disinggung menganai keasamannya.

Sifat Larutan Asam Basa
Larutan asam memiliki rasa masam dan bersifat korosif terhadap logam, sedangkan basa mempunyai rasa sedikit pahit dan bersifat kaustik. Larutan basa bersifat korosif terhadap kulit.
Kekuatan asam dan basa bergantung pada derajat ionisasinya. Air merupakan elektrolit yang sangat lemah dan harga perkalian Kc [H2O] merupakan suatu konstanta yang disebut tetapan kesetimbangan air (Kw). Nilai tetapan kesetimbangan air berbanding lurus dengan temperatur. Makin besar temperatur, makin besar nilai Kw.  Konsentrasi ion H+ dalam air murni sama dengan konsentrasi ion OH. Berdasarkan hasil eksperimen, nilai Kw pada temperatur 25oC adalah 1 × 10–14 sehingga dalam air murni nilai [H+] = [OH] = 1 × 10–7. Dalam larutan asam, [H+] > [OH]. Dalam larutan basa, [H+] < [OH].  Nilai Ka merupakan ukuran kekuatan asam. Makin besar nilai Ka, makin kuat asam.
Secara matematis, nilai pH ditentukan dengan persamaan :
pH = –log [H+].
Asam kuat terionisasi sempurna sehingga pH larutan dapat ditentukan dengan persamaan:
pH = –log (M × valensi asam);
M = konsentrasi asam.
Asam lemah terionisasi sebagian dalam air sehingga pH larutannya ditentukan dengan persamaan:
[H+] = Mα;
M = konsentrasi asam dan
α = derajat ionisasi.
Atau
 [H+] = Ka . M .
Secara matematis, nilai pOH ditentukan dengan persamaan
pOH = –log[OH].
Basa kuat terionisasi sempurna sehingga pOH larutan dapat ditentukan dengan persamaan:
[OH] = –log (M × valensi basa);
M = konsentrasi basa.
Basa lemah terionisasi sebagian di dalam air sehingga pOH larutannya ditentukan dengan persamaan:
[OH] = Mα ;
M = konsentrasi basa dan
 α = derajat ionisasi.
Atau
 [OH] = KbM
Konsep pH sangat penting bagi kehidupan. Contoh penerapan konsep pH adalah untuk memastikan kebersihan air. Dalam mempelajari kualitas air, digunakan beberapa parameter, antara lain pH, DO, BOD, dan COD.
Kesimpulan
*    Ada 3 teori asam dan basa
*    Berdasarkan jumlah ion H+ yang dilepas, asam dibedakan menjadi asam monoprotik dan asam poliprotik
*    Kekuatan asam dan basa dinyatakan oleh tetapan ionisasi asam (Ka) dan tetapan ionisasi basa (Kb)
*    pH menyatakan derajat keasaman sebagai fungsi konsentrasi ion H+ :
Larutan
[H+]
pH
Larutan asam
< 10-7 M
< 7
Larutan basa
> 10-7 M
> 7
Larutan netral
10-7 M
7
*    Metode pengukuran pH : Indikator, indikator universal, pH meter.
*    Peran pH dalam kehidupan sehari-hari antara lain untuk kelangsungan hidup manusia seperti pH dalam sistem pencernaan makanan dan dalam darah, pengawetan makanan, produk perawatan tubuh, serta kontrol pH untuk kolam renang.

Titrasi Asam dan Basa
                  Titrasi asam basa merupakan prosedur penting dalam analisis kimia untuk menentukan konsentrasi/kemolaran larutan asam/basa. Hal ini dilakukan dengan meneteskan larutan standar asam/basa yang kemolarannya sudah diketahui ke dalam larutan asam/basa yang kemolarannya akan ditentuka menggunakan buret.  Cermati permasalahan berikut :
                  Seorang ahli kimia hendak menentukan kadar spirin (HC9H7O4) dalam tablet. Ia melarutkan aspirin dalam etanol serta melakukan titrasi menggunakan larutan NaOH 0,12 M. Ia menemukan bahwa diperlukan 14,6 mL larutan NaOH untuk menetralkan aspirin tersebut.  Berapakah mol aspirin dalam tablet? Pada kemasan aspirin, tertera setiap tablet mengandung sedikitnya 300 mg aspirin. Bagaimana kadar tersebut dibandingkan hasil titrasi?
                Kalian akan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut jika mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini dengan baik.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment