STRUKTUR ATOM dan SISTEM PERIODIK UNSUR

shares |



Chemistricks.com - STRUKTUR ATOM dan SISTEM PERIODIK UNSUR

Pernahkah Anda melihat nyala warna warni api pada kembang api? Hal pertama yang harus kalian pahami bahwa nyala warna-warni dari kembang api yang dinyalakan terjadi karena adanya perpindahan elektron dari satu orbital ke orbital yang lain. Kedua, elektron adalah salah satu bagian dari atom. Hal ini jelas membuktikan bahwa atom merupakan bagian dari setiap materi dan atom memiliki bagian-bagian lain yang lebih kecil.

Satu alat yang dapat digunakan untuk melihat atom adalah mikroskop elektron. itupun dengan perbesaran beberapa kali. Istilah atom bukan istilah yang tiba-tiba muncul tanpa ada sejarahnya. Dari kartun kimia yang sudah kalian baca, istilah atom telah muncul sejak zaman Yunani Kuno, meskipun dalam perkembangannya pengertian atom yang sekarang ini sama sekali berbeda dengan zaman itu.
Pengetahuan para ahli tentang atom bukan berdasarkan pengamatan langsung pada obyeknya seperti halnya kita mengamati buah jeruk, dengan membuka kulitnya, membelahnya,dan kemudian menggambarkan strukturnya. Atom terlalu kecil untuk diamati. Diameter atom antara 30 pm sampai 150 pm (1 pm = 10-12 m). Atom yang ditunjukkan pada pembahasan ini hanyalah model (mewakili benda aslinya) yang diperkirakan oleh para ahli sebagai kesimpulan mereka dari eksperimen dan pengkajian teoretis yang dilakukan. Itulah sebabnya model atom berkembang menurut temuan-temuan baru. Untuk membayangkan, mungkin juga harus dibaca berulang-ulang sampai kalian paham, karena sifat bahasan struktur atom yang abstrak.



Tabel 11 Perkembangan Teori Atom, Kelebihan, dan Kelemahannya
No
Teori atom
Model atom
Kelebihan
Kelemahan
1.
Dalton
Bola pejal
Dapat menerangkan hukum kekelan massa (Lavoisier) dan Hukum Perbandingan Tetap (Proust)
1.   Ada partikel yang lebih kecil dari atom yang disebut partikel sub atom
2.   Tidak dapat menjelaskan bagaimana atom-atom berikatan
3.   Tidak dapat menerangkan sifat listrik atom
2.
Thomson
Roti kismis
1.   Dapat menerangkan adanya partikel yang lebih kecil dari atom
2.   Dapat menerangkan sifat listrik atom
Tidak dapat menerangkan efek penghamburan cahaya pada lempeng tipis emas
3.
Rutherford
-
Dapat menerangkan efek penghamburan sinar alfa pada lempeng tipis emas
Bertentangan dengan teori elektrodinamika klasik Maxwell (elektron yang terus bergerak akan memancarkan energi yang pada akhirnya akan habis dan jatuh ke inti)
4.
Bohr
Miniatur tata surya
1.   Dapat menjelaskan spektrum atom hidrogen
2.   Dapat menjawab kelemahan teori atom Rutherford
1.   Tidak dapat menjelaskan atom berelektron banyak
2.   Tidak dapat menerangkan efek Zeeman bila atom ditempatkan pada medan magnet.
5.
Modern
Elektron sebagai gelombang dan partikel
Menyempurnakan teori-teori sebelumnya.
Inti teori :
1.      Elektron adalah sebuah partikel (seperti halnya sebuah kelereng) dan sekaligus juga sebagai suatu gelombang (seperti halnya seberkas cahaya). Sebagai suatu partikel, elektron mempunyai massa, muatan, dan putaran. Sebagai suatu gelombang, elektron memiliki panjang gelombang.
2.      Elektron sangat kecil sehingga perilakunya tidak bisa dipastikan
3.      Bila fungsi gelombang elektron diketahui, dengan menggunakan Persamaan Schrodinger, bisa ditentukan kebolehjadian tempat ditemukannya elektron.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment