Soal kimia: Menyetarakan Persamaan Reaksi 5

shares |



Menyetarakan persamaan reaksi adalah materi yang berkaitan dengan kompetensi konsep penulisan lambang unsur dan persamaan reaksi. Berikut merupakan lembar kerja kelompok diskusi yang dapat dilakukan di kelas untuk mengasah kemampuan anak untuk menyelesaikan soal menyetarakan persamaan reaksi. untuk contoh soal lainnya yang sejenis, anda dapat copy di link-link berikut, link 1, link 2, link 3. link 4




1.       REAKSI PEMBUATAN KNO3 DARI KOTORAN KELELAWAR, Ca(NO3)2
Kalium nitrat, KNO3, adalah salah satu bahan baku pembuatan mercon (petasan). KNO3 dapat diperoleh dengan mereaksikan kalsium nitrat, Ca(NO3)2 yaitu salah satu senyawa yang ada pada KOTORAN KELELAWAR, dengan kalsium karbonat, K2CO3 :
Ca(NO3)2 (aq)  +  K2CO3  (aq) à CaCO3  (s)   +   KNO3 (aq)
2.    REAKSI PEMBAKARAN SEMPURNA TOLUENA PADA BENSIN
Toluena (C7H8) ditambahkan pada bensin untuk meningkatkan nilai oktan (mengurangi ketukan pada mesin kendaraan). Pembakaran sempurna toluena menghasilkan gas karbon dioksida dan uap air.
C7H8 (g)  +  O2 (g) à  CO2 (g)  + H2O (l)
3.       PEMBUATAN CAMPURAN PASTA BATERAI (NH4Cl)
Amonium klorida, NH4Cl adalah salah satu bahan baku pasta elektrolit sel baterai (batu baterai). Amonium klorida dapat dibuat menurut reaksi :
(NH4)2SO4  +  NaCl  à Na2SO4  + NH4Cl
4.       PEMBUATAN LABUR (CAT TRADISIONAL)
Air kapur/kapur mati memiliki rumus kimia Ca(OH)2. Kapur mati merupakan kapur tohor yang dicampur air. Umumnya kapur mati digunakan untuk mengecat tembok. Setelah beberapa lama, air kapur lambat laun bergabung dengan CO2 dari udara dan mengeras menjadi bahan berwarna putih mirip plester :
Ca(OH)2 (s)  +  CO2 (g)  à CaCO3 (s)  + H2O (g)
5.       REAKSI PENGGUNAAN SEL BATERAI (BATU BATERAI)
Sel Baterai (batu baterai) terdiri dari anode Seng (Zn), katode karbon ( C ), dan elektrolit berupa pasta yang merupakan campuran antara MnO2, NH4Cl , dan sedikit air. Reaksi yang terjadi pada saat batu baterai digunakan adalah sebagai berikut.
Zn  +   NH4Cl à ZnCl2  +   NH3   + H2      (belum setara)
6.       REAKSI PEMBUATAN KARBIT
Karbit (kalsium karbida) merupakan padatan putih yang umumnya digunakan untuk mengelas. Karbit dihasilkan dari pemanasan kalsium oksida dan karbon dalam tanur listrik dengan hasil samping gas karbon dioksida.
CaO (s)  +  C (s) à  CaC2 (s)  +  CO2 (g)     (belum setara)

Quot dari penulis untuk menyelesaikan soal ini adalah:
“Masa depan menunggu kemampuan kita untuk mengubahnya” []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment