HUKUM KEKEKALAN MASSA (HUKUM LAVOISIER)

shares |

Chemistricks.com - hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier)
Bangsa Yunani zaman dulu memang hebat. Kemampuan mereka menemukan sesuatu, membuat banyak nama-nama diambil dari bahasa negeri Hercules ini. Salah satu contohnya adalah Stoicheion yang artinya ‘unsur’, dan metron yang artinya pengukuran. Jika digabung menjadi ‘stoikiometri’, artinya cabang ilmu kimia yang mempelajari hubungan kuantitatif (pengukuran) zat-zat dalam suatu reaksi kimia.
Pernahkah kamu berpikir apa yang terjadi dengan massa suatu benda bila ia berubah bentuk karena mengalami reaksi kimia, misalnya kertas yang dibakar menjadi abu? Apakah massa dari kertas yang dibakartersebut berkurang, hilang, ataukah berubah menjadi energi ?
Jika diperhatikan sepertinya massanya berkurang, tetapi benarkah itu? Untuk menjawab masalah itu kita perlu mendapatkan tambahan ilmu lagi, yaitu tentang hukum-hukum dasar kimia.
Sama seperti ilmu-ilmu yang lain, kimia juga punya aturan yang berlaku. Ada lima hukum dasar kimia, yaitu hukum kekekalan massa, perbandingan tetap, perbandingan berganda, perbandingan volume, dan perbandingan jumlah partikel. Pada pembahasan ini akan dipaparkan tentang hukum kekekalan massa oleh Lavousier


Hukum Kekekalan massa oleh Lavousier
Antoine Lavoisier (Perancis) berhasil melakukan pengukuran secara teliti pada reaksi pembakaran secara tertutup. Hasi percobaan mengungkap bahwa tidak ada perubahan massa sebelum dan sesudah reaksi.
Kita telah mempelajari hukum ini pada bab sebelumnya dalam bentuk penyetaraan persamaan reaksi. Penerapan hukum ini akan kita pelajari lebih dalam. 



"Jumlah zat (massa zat) sebelum bereaksi = Jumlah zat (massa zat) sesudah bereaksi"

  Let’s Try !!
1. Sebanyak 32 g CH4 dibakar dengan 128 g O2 menghasilkan CO2 dan H2O menurut persamaan : CH4  +  2 O2 à CO2  +  H2O
Tentukan :
  1. Massa CO2, jika massa H2O sebesar 72 gr
  2. Buktikan kebenaran hukum Lavoisier !
2.   Sebanyak 24 gram magnesium dibakar menghasilkan 40 gram magnesium oksida. Berapa massa oksigen yang digunakan ?
 


Let’s Practice (1 )!!
1.   Serbuk pualam (CaCO3) direaksikan dengan 5,81 g asam klorida menghasilkan kalsium klorida, air, dan gas karbon dioksia. Jika massa produk yang terbentuk 13,78 g, massa CaCO3 yang direaksikan sebesar . . . g.
  1. 6,37                  b. 7,97              c. 8,97              d. 13,00            e. 18,03

2.   Jika 11,2 gram Fe habis bereaksi dengan 4,8 gram O2 menurut persamaan reaksi :
            4 Fe (s)  +  3 O2 (g) à 2 Fe2O3 (s)
Massa zat hasil reaksi yaitu . . . gram.
a.     16                      b. 20                 c. 24                 d. 30                 e. 32
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  


Related Posts

0 comment:

Post a Comment