Bank Soal : Menyetarakan Persamaan Kimia 8

shares |



1.       REAKSI PEMBUATAN KARBIT
Karbit (kalsium karbida) merupakan padatan putih yang umumnya digunakan untuk mengelas. Karbit dihasilkan dari pemanasan kalsium oksida dan karbon dalam tanur listrik dengan hasil samping gas karbon dioksida.
CaO (s)  +  C (s) à  CaC2 (s)  +  CO2 (g)     (belum setara)
2.       REAKSI PEMBUATAN KNO3 DARI KOTORAN KELELAWAR, Ca(NO3)2
Kalium nitrat, KNO3, adalah salah satu bahan baku pembuatan mercon (petasan). KNO3 dapat diperoleh dengan mereaksikan kalsium nitrat, Ca(NO3)2 yaitu salah satu senyawa yang ada pada KOTORAN KELELAWAR, dengan kalsium karbonat, K2CO3 :
Ca(NO3)2 (aq)  +  K2CO3  (aq) à CaCO3  (s)   +   KNO3 (aq)
3.       PEMBUATAN CAMPURAN PASTA BATERAI (NH4Cl)
Amonium klorida, NH4Cl adalah salah satu bahan baku pasta elektrolit sel baterai (batu baterai). Amonium klorida dapat dibuat menurut reaksi :
(NH4)2SO4  +  NaCl  à Na2SO4  + NH4Cl
4.    REAKSI PENGGUNAAN SEL BATERAI (BATU BATERAI)
Sel Baterai (batu baterai) terdiri dari anode Seng (Zn), katode karbon ( C ), dan elektrolit berupa pasta yang merupakan campuran antara MnO2, NH4Cl , dan sedikit air. Reaksi yang terjadi pada saat batu baterai digunakan adalah sebagai berikut.
Zn  +   NH4Cl à ZnCl2  +   NH3   + H2      (belum setara)
5.    REAKSI PEMBUATAN KAPUR TOHOR
Campuran kalsium oksida, CaO dengan serbuk BATU VULKANIK yang dipanaskan dapat menghasilkan SEMEN. Sedangkan kalsium oksida dibuat dengan memanaskan kalsium karbonat, CaCO3. Kalsium karbonat di antaranya terdapat pada batu gamping, kapur, dan kulit kerang. Persamaan reaksinya :
 CaCO3 (s) à CaO (s)  +  CO2 (g)
6.    EKSTRAKSI BESI DARI BIJIHNYA
Logam besi (Fe) dapat diperoleh dari bijih besi (Fe2O3) dengan cara mereaksikannya dengan gas CO. Hasil sampingnya adalah gas karbon dioksida:   Fe2CO3 (s)  +  CO (g) à Fe (s) +   CO2  (s)      (belum setara)
“Prestasi besar dihasilkan dari perjuangan besar”

Related Posts

0 comment:

Post a Comment