Soal Kimia: Menyetarakan Persamaan Reaksi 1

shares |

Menyetarakan persamaan reaksi adalah materi yang berkaitan dengan kompetensi konsep penulisan lambang unsur dan persamaan reaksi. Berikut merupakan lembar kerja kelompok diskusi yang dapat dilakukan di kelas untuk mengasah kemampuan anak untuk menyelesaikan soal menyetarakan persamaan reaksi.


Standar Kompetensi  : 2. Memahami konsep penulisan lambang unsur dan persamaan reaksi
Kompetensi Dasar    : 2.3. Menyetarakan persamaan reaksi
Petunjuk :
1.       Di bawah ini terdapat beberapa pernyataan tentang suatu reaksi kimia. Seperti kalian ketahui, reaksi kimia dapat dinyatakan dengan persamaan reaksi. Tugas kalian adalah : Menyetarakan seluruh persamaan reaksi tersebut melalui diskusi dengan kelompok kalian!!
2.       Tuliskan kesimpulan mu tentang : (1) pengertian persamaan reaksi; (2) cara menyetarakan persamaan reaksi.



1.    PEMBUATAN BUBUK PETASAN (MERCON)
Bubuk mercon (bubuk petasan) dapat dibuat dengan cara mereaksikan serbuk karbon, serbuk belerang, dan serbuk kalium nitrat, KNO3 :
  C (s)   +    KNO3 (s)  +  S (s)  à  CO2 (g)   +   N2 (g)  +  K2S (g)  +  DORR !!   (belum setara)
2.    PEMBUATAN GARAM DAPUR DARI CAMPURAN HCl +dan NaOH
Dua bahan kimia yang keras (elektrolit kuat), yaitu larutan asam klorida, HCl dan larutan natrium hidroksida, NaOH jika dicampurkan dapat menghasilkan larutan garam dapur di dalam air. Jika kemudian air nya diuapkan, maka terbentuklah kristal garam dapur :
HCl (aq)  +  NaOH (aq)  à  NaCl (aq)   +  H2O (l)
3.    REAKSI PEMBUATAN KARBIT
Karbit (kalsium karbida) merupakan padatan putih yang umumnya digunakan untuk mengelas. Karbit dihasilkan dari pemanasan kalsium oksida dan karbon dalam tanur listrik dengan hasil samping gas karbon dioksida.
CaO (s)  +  C (s) à  CaC2 (s)  +  CO2 (g)     (belum setara)
4.    UJI ADANYA CO2 MENGGUNAKAN AIR KAPUR, Ca(OH)2
Air kapur merupakan suatu zat yang dapat digunakan untuk menguji keberadaan gas karbon dioksida (CO2) secara sederhana. Reaksi antara gas CO2 dengan air kapur menghasilkan senyawa kalsium karbonat, Ca(CO3)2. Kalsium karbonat bersifat tidak dapat larut. Partikel-partikel putih kecil kalsium karbonat mengambang dalam larutan dan membuat larutan tersebut tampak keruh. Setelah beberapa waktu, gravitasi menarik kalsium karbonat ke dasar wadah. Persamaan reaksinya sebagai berikut.
 CO2 (g)  +  Ca(OH)2 (aq)  à  CaCO3 (s)  + H2O (l)
5.    PEMBUATAN CAMPURAN PASTA BATERAI (NH4Cl)
Amonium klorida, NH4Cl adalah salah satu bahan baku pasta elektrolit sel baterai (batu baterai). Amonium klorida dapat dibuat menurut reaksi :
(NH4)2SO4  +  NaCl  à Na2SO4  + NH4Cl
6.    REAKSI PEMBAKARAN SEMPURNA TOLUENA PADA BENSIN
Toluena (C7H8) ditambahkan pada bensin untuk meningkatkan nilai oktan (mengurangi ketukan pada mesin kendaraan). Pembakaran sempurna toluena menghasilkan gas karbon dioksida dan uap air.
C7H8 (g)  +  O2 (g) à  CO2 (g)  + H2O (l)

Quot dari penulis untuk menyelesaikan soal ini adalah:
Kesalahan fatal adalah maju tanpa ada kemauan untuk menang” Semangat! []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment