Bagaimana aturan menulis unsur kimia?

shares |

Bagaimana aturan menulis unsur kimia?


Kalian pasti tahu bahwa kalsium baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, penderita hipertensi dianjurkan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi natrium, oksigen dan nitrogen adalah penyusun udara yang kita hirup, besi dimanfaatkan untuk berbagai peralatan dan perabot, dan konsumsi zat besi secara cukup dapat mencegah anemia. Dalam ilmu kimia, kalsium, natrium, oksigen, nitrogen, dan besi dapat ditulis dengan simbol-simbol tertentu. Semuanya terdaftar pada TPU (tabel periodik unsur), yaitu : kalsium (Ca), natrium (Na), oksigen (O), nitrogen (N), dan besi (Fe). Bagaimanakah aturan penulisan unsur ?


Untuk mengetahui aturannya, anda harus memahami tentang lambang/simbol unsur kimia. berikut pembahasannya.
ilustrasi
 
Lambang/simbol Unsur
Agar penulisan suatu unsur lebih ringkas, maka setiap unsur diberi suatu lambang yang kita sebut lambang unsur atau lambang atom. Cara pemberian lambang unsur yang umum dipakai sekarang ini dikemukakan oleh Jons Jakob Berzelius [1779-1848]. Penggunaan lambang unsur dalam ilmu kimia diatur oleh suatu badan internasional yang disebut IUPAC [International Union Pure and Apllied Chemistry]. Perhatikan aturan-aturan berikut ini.
a.     Simbol unsur ditulis dari huruf pertama nama ilmiah unsur tersebut dan ditulis dengan huruf besar [huruf kapital].
Tabel 5. Beberapa Contoh Nama Unsur dan Terdiri Satu Huruf
Nama Unsur
Nama Ilmiah
Simbol atom
Oksigen
Oxigenium
O
Hidrogen
Hidrogenium
H
Karbon
Carbonium
C
Yodium
Iodine
I
Fosfor
Phosporus
P
b.    Jika unsur mempunyai nama dengan huruf depan yang sama, maka tanda atom ditulis dengan dua huruf. Huruf pertama diambil dari huruf depan nama unsur tersebut dan ditulis dengan huruf besar. Sedangkan huruf kedua ditulis huruf kecil yang diambil dari huruf berikutnya.
Tabel 6. Beberapa contoh Nama Unsur dan Terdiri Dua Huruf
Nama Unsur
Nama Ilmiah
Simbol atom
Kalsium
Calcium
Ca
Klor
Chlorium
Cl
Kadmium
Cadmium
Cd
Krom
Chromium
Cr
Tembaga
Cuprum
Cu
Kobalt
Cobaltum
Co
Seng
Zinc
Zn
Air Raksa
Hydrargyrum
Hg

Related Posts

0 comment:

Post a Comment