Apa prasyarat menggunakan modul?

shares |




Pada pembelajaran tentang Materi dan perubahannya ini meliputi 3 kompetensi dasar yang terdiri dari 2 bagian proes pembelajaran, yaitu : 
1. Kegiatan pembelajaran yang membahas pengertian materi, sifat-sifat materi, perubahan materi, dan ciri-ciri reaksi kimia. Kegiatan ini dialokasikan 2 jam pelajaran. 
2. Kegiatan pembelajaran yang membahasa pengertian unsur, senyawa, dan campuran Kegiatan ini dialokasikan 3 jam pelajaran. 
3. Ulangan harian untuk standar kompetensi memahami konsep materi dan perubahannya, dialokasikan 1 jam pelajaran. 

Untuk mencapai ketiga kompetensi tersebut, materi disajikan menjadi 4 bab, dengan rincian yang dapat dilihat pada bagian daftar isi. Kegiatan pembelajaran dirancang dengan menggunakan pendekatan kontekstual, dimana setiap konsep yang dipelajari dikaitkan dengan kehidupan nyata yang dekat dengan siswa. 
Jenis penugasan yang dirancang juga bervariasi, diantaranya diskusi dan presentasi, jelajah pustaka, tugas proyek, praktikum sederhana tentang cara membedakan bensin murni dan oplosan. Soal uji kompetensi juga tidak sekedar memuat soal hafalan dan teori tetapi juga soal analisis. Pada soal analisis, Anda disajikan pertanyaan pengarah atau sepenggal wacana yang mengangkat tema tertentu yang sedang trend. Anda diberi keleluasaan menjawab soal tipe ini dengan menggunakan pendapat Anda, yang tentunya didasarkan pada pengetahuan ilmiah yang Anda miliki atau Anda cari dari buku/sumber pembelajaran lain yang relevan. Harapannya dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang Anda  miliki [high order thinking]. Atas pertimbangan itulah, maka diharapkan Anda kreatif mencari sumber belajar lain, di samping modul ini. 
Sehingga prasyaratnya adalah memiliki Kemampuan awal yang diperlukan untuk mempelajari modul ini, yaitu :siswa telah mempelajari dan menguasai tentang pengenalan kimia. []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment