Tanya jawab Daur Materi dalam Ekosistem

shares |

Tanya jawab Daur Materi dalam Ekosistem   



 

Pada pembahasan sebelumnya chemistricks telah memaparkan beberapa contoh jenis tanya jawab untuk memdudahkan siswa memahami materi. Berikut merupakan lima buah pertanyaan sederhana yang kami paparkan, adapun jawaban singkat yang dihasilkan dari postingan ini merupakan jawaban spontan dari siswa siswi yang mendapatkan pertanyaan tersebut. Kami merangkumnya menjadi artikel ini.
1.    Pada ekosistem terjadi daur materi. Daur ini disebut juga dengan daur biogeokimia. Mengapa demikian?
Jawab : di dalam ekosistem, materi mengalami perpindahan/daur yang berlangsung melalui tubuh makhluk hidup, tanah, dan melibatkan reaksi-reaksi kimia. Atau dengan kata lain melibatkan unsure biologi, geologi, dan kimia.

2.    Mengapa nitrogen tidak dapat dimanfaatkan secara langsung oleh  tumbuhan?
Jawab : Karena gas ini bersifat sulit bereaksi.
3.    Apakah manfaat/pengaruh nitrogen bagi tanaman?
Jawab : nitrogen merupakan salah satu unsur pembentuk asam amino. Asam amino merupakan persenyawaan pembentuk molekul protein. Tumbuhan dapat menyerap nitrogen yang telah diubah menjadi nitrat.

4.    Sebagian besar pupuk kimia menghandung nitrogen, fosfor,dan potassium [kalium sulfat]. Mengapa pupuk kimia tidak mengandung karbon? Bagaimana tumbuhan memperoleh karbon?
Jawab :
§  Untuk tumbuh kembangnya, tumbuhan memerlukan beberapa unsur kimia, di antaranya nitrogen dan karbon.
§  Pada dasarnya pupuk berfungsi menambah unsur hara pada tanah. Salah satu zat yang terdapat pada hara tanah adalah nitrogen. Nitrogen merupakan salah satu unsur pembentuk asam amino. Asam amino merupakan persenyawaan pembentuk molekul protein.
§  Tumbuhan tidak dapat menyerap gas nitrogen secara langsung karena gas ini sulit bereaksi. Tumbuhan hanya dapat menyerap nitrogen yang telah diubah menjadi nitrat. Pengubahan gas nitrogen menjadi nitrat ini dilakukan dengan bantuan bakteri yang hidup pada bintil akar tumbuhan.
§  Tumbuhan dapat dengan mudah menyerap karbon dalam bentuk gas CO2 yang dihasilkan oleh hewan dan manusia melalui respirasi. Oleh karena itu, pupuk kimia tidak perlu diberi kandungan karbon.


 

Related Posts

0 comment:

Post a Comment