Ekosistem Buatan

shares |

ekosistem
ilustrasi: ekosistem buatan



Ekosistem Buatan
Pada pembahasan yang telah lalu anda telah mengetahui macam-macam ekosistem, baik ekosistem darat, , laut, pantai dll. Kini pembahasan tentang ekosistem akan mengulas tentang ekosistem buatan. Ekosistem buatan merupakan ekosistem yang diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Ekosistem ini dibangun dengan berbagai pertimbangan, harapannya dapat memberikan manfaat terutama dalam menjaga keseimbangan alam. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa ekosistem buatan merupakan ekosistem yang tidak terbentuk secara alami melainkan diciptakan secara sengaja oleh manusia. Berikut beberapa  contoh ekosistem buatan, diantaranya :
a.     Waduk  : merupakan dam atau bendungan yang membentuk ekosistem baru berupa danau buatan. Substrat dasar waduk itu umumnya berasal dari kebun, sawah, sungai, lading, dan lahan lain yang kondisinya berbeda-beda.
b.    Hutan tanaman : hutan yang jenis vegetainya dibudidayakan manusia. Tanaman yang dibudidayakan punya nilai ekonomi/nilai jual tinggi. Contoh : jati, pinu, karet, mahoni, kelapa sawit.
c.     Agroekosistem : berupa daerah pertanian. Komunitasnya biasanya bersifat monokultur [satu jenis tanaman]. Berbagai ekosistem yang dikembangkan di Indonesia : sawah tadah hujan, sawah surja [di daerah sering banjir, sawah rawa], dan sawah pasang surut.
taman wisata juga merupakan ekosistem buatan

Demikian pembahasan sederhana tentang ekosistem buatan dan macam-macam ekosistem buatan, semoga bermanfaat. []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment