Panduan Singkat Penyusunan Soal Tes Tertulis bentuk Uraian

shares |


oleh : Siti Rondiyah, S. Pd*
Dalam penulisan soal bentuk uraian, seorang penulis soal harus sudah mempunyai :
       gambaran tentang batas atau ruang lingkup yang ditanyakaan
       lingkup jawaban atau rincian jawaban yang mungkin diberikan oleh siswa.
       Ruang lingkup ini merupakan kriteria luas atau sempitnya masalah yang ditanyakan. Dengan adanya batasan ruang lingkup tersebut kemungkinan terjadinya ketidakjelasan soal dapat dihindari. Ruang lingkup tersebut juga akan membantu mempermudah dalam membuat kriteria atau pedoman penskoran.
       Beberapa kaidah yang perlu diperhatikan dalam penyusunan soal bentuk uraian adalah sebagai berikut.
1.       Soal yang dibuat harus  sesuai dengan indikator yang ditanyakan dalam kisi-kisi.
2.       Batasan pertanyaan atau jawaban yang diharapkan [ruang lingkup] harus jelas.
3.       Rumusan kalimat soal atau pertanyaan hendaknya menggunakan kata-kata tanya atau perintah, seperti mengapa, uraikan, jelaskan, bandingkan, hubungkan, tafsirkan, buktikan, berilah tanggapan/pendapatmu, hitunglah. Hindari penggunaan kata-kata tanya yang tidak menuntut jawaban uraian, misalnya siapa, di mana, kapan, dan kata-kata tanya yang hanya menuntut jawaban ya atau tidak, misalnya kata, dapatkah.
4.       Rumusan kalimat soal hendaknya komunikatif, yaitu menggunakan bahasa yang sederhana, mudah dimengerti, dan sudah dikenal siswa. Hindarkan kata atau kalimat yang dapat menimbulkan penafsiran ganda.
5.       Butalah petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
6.       Buatlah pedoman penskoran segera setelah soal ditulis [meliputi : komponen atau kriteria penskoran dan besarnya skor tiap setiap komponen, serta rentangan skor yang dapat diperoleh untuk soal yang]
7.       Hal-hal lain yang menyertai soal seperti tabel, gambar, grafik, peta, atau sejenisnya harus disajikan dengan jelas dan terbaca.
Contoh soal :

*         Indikator                   : Siswa dapat menjelaskan secara singkat yang menjadi tulang  punggung  perekonomian di Australia.
§  Jenjang                 : C4
§  Butir Soal            : Berikan penjelasan apa yang menjadi tulang punggung perekonomian negara Aaustralia.

*         Indikator                   : Siswa dapat menjelaskan pengertian ledakan penduduk berikut faktor-faktor penyebabnya.
§  Jenjang                 : C4
§  Butir Soal            : Jelaskan pengertian ledakan penduduk dan faktor-faktor penyebabnya !
Berikut Beberapa contoh soal untuk tiap jenjang kemampuan
1.   Ingatan/C1          : adalah kemampuan untuk mengenal atau mengingat kembali tentang sesuatu.
§ Contoh                        : Sebutkan 3 daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia !
§ Penjelasan                                : pada contoh soal tersebut haya mengukur kemampuan ingatan atau hafalan karena siswa dituntut untuk mengingat kembali/meyebutkan dareha penghasil jagung di Indonesia.

2.   Pemahaman/C2 : adalah kemampuan untuk memahami sesuatu yaang berarti mengetahui terlebih dahulu tentang sesuatu hal serta melihatnya dari berbagai segi apakah dengan menguraikan, menerangkan, atau memperluas arti suatu istilah.
§ Contoh                        : Jelaskan pengertian pertanian dalam arti luas !
§ Penjelasan                                : pada contoh soal tersebut siswa dituntut untuk memahami kedua arti, baik secara sempit maupun secara luas dari istilah pertanian selain itu siswa harus menguraiakannya.
3.   Penerapan [aplikasi] / C3 : adalah proses berpikir yang setingkat lebih tinggi dari pemahaman. Dalam aplikasi, siswa diharapkan mampu memilih, menggunakan, dan menerapkan dengan tepat suatu teori, hukum, metode pada situasi baru atau situasi yang lain.

§ Contoh                        : seorang petani memiliki sebidang tanah yang luasnya 25o m2 yang akan ditanami pohon mangga, tiap 5 m2 ditanami 1 batang pohon. Tentukan berapa batang pohon yang diperlukan untuk ditanam pada tanah  lahan tersebut !
§ Penjelasan                                : pada contoh soal tersebut siswa dituntut untuk menerapkan/mengaplikasikan prinsip pembagian untuk memecahkan masalah tersebut yaitu 25O : 5 = 5O

4.   Analisis/ C4 : yaitu suatu kemampuan untuk merinci atau menguraikan suatu bahan atau keadaan menurut bagian-bagian yang lebih kecil [komponen] atau faktor-faktor penyebabnya dan mampu memahami hubungan di antara bagian/faktor yang satu dengan yang lainnya.
§ Contoh        : faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar pada diri anak dapat berasal dari diri  anak itu sendiri [internal] dan dari luar diri anak [eksternal]. Kedua faktor ini memiliki variabel tersendiri. Sebut dan jelaskan variabel internal yang menjadi faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar !
§ Penjelasan                : contoh soal di atas menuntut kemampuan siswa untuk menganalisis atau menguraikan sebab-sebab terjadinya kesulitan belajar yang terdapat dalam faktor internal.

5.   Sintesis/ C5 : yaitu suatu kemampuan berpikir yang merupakan kebalikan dari proses analisis, suatu proses yang memadukan bagian-bagian, atau unsur secara logis sehingga menjadi suatu pola struktur atau bentuk yang baru.
§ Contoh        : Seorang siswa menunjukkan gejala-gejala berikut ini, suka melamun, mudah melupakan pelajaran, tidak memiliki semangat, sering sakit-sakitan. Gejala-gejala tersebut berasal dari faktor internal siswa. Jelaskan dampak negatif yang terjadi jika gejala-gejala tersebut dibiarkan berkembang tanpa adanya penanganan !
§ Penjelasan                : pada contoh soal di atas, siswa dituntut untuk memadukan bagian [variabel-variabel] secara logis. Dalam hal ini yang dimaksud bagian adalah gejala-gejala yang ditunjukkan siswa [suka melamun, mudah melupakan pelajaran, tidak memiliki semangat, sering sakit-sakitan] kemudian siswa diharapkan mengambil kesimpulan bahwa pembiaran terhadap gejala-gejala tersebut mengakibatkan terjadinya kesulitan dalam belajar.

6.   Evaluasi / C6 :
§ Contoh : Sebut dan jelaskan 3 contoh tujuan program nasional keluarga berencana ditinjau dari segi pendidikan !
§ Penjelasan : pada contoh soal di atas, siswa diharapkan mampu menilai tujuan-tujuan keluarga berencana yang dihubungkan dengan kriteria pendidikan. Dari penilaian tersebut siswa diharapkan dapat menentukan tujua KB yang relevan dengan kriteria pendidikan.
Terimakasih, semoga bermanfaat.
*Dikutip dengan beberapa perubahan [dari berbagai sumber].

 Daftar Kata Kerja untuk Membuat Pertanyaan/Tugas
Pertanyaan tingkat rendah: Mengembangkan kemampuan mengingat/ C1
Tujuan
Kata kerja yang biasa dipakai
Tujuan: mengembang-kan kemampuan peserta didik untuk mengingat. Pertanyaan jenis ini menugaskan peserta didik untuk menghafal, mengingat kembali, atau menceritakan kembali informasi / pengetahuan yang telah dipelajari. Jawaban atas pertanyaan ini biasanya sudah ada di buku atau catatan peserta didik sehingga peserta didik tinggal menghafal dan mengeluarkannya ketika ditanya. 
o   Kapan terjadinya ....
(Kapan terjadinya peristiwa penangkapan Pattimura / Di manakah Pattimura ditangkap oleh Belanda?/ Siapa pelaku-pelaku dalam cerita?)
o   Definisikan / artikan ....
(Apa arti metamorfosa?)
o   Berikan contoh-contoh ....
{Berikan contoh – contoh kenampakan alam  dan kenampakan buatan. (Jawaban bisa dicari di dalam teks).
o   Hafalkan ....
( Hafalkan alat-alat pencernaan manusia.)
o   Ceritakan kembali ....
(Ceritakan kembali dongeng Batu Badaun yang telah kamu dengarkan.)
o   Pasangkan ....
Pasangkan istilah-istilah berikut ini dengan maknanya.
o   Urutkan ....
Urutkan gambar planet – planet sesuai dengan urutan tata surya yang benar.  
o   Beri nama ....
Berilah nama   gambar bagian-bagian bunga  ini dengan istilah yang tepat. 
Yang dilakukan guru:
o   berceramah / menerangkan
o   mengarahkan
o   menunjukkan
o   menguji
o   melatih mengingat/ drill
o   memberi contoh
o   mengevaluasi kemampuan mengingat

Yang dilakukan peserta didik:
o   mendengarkan
o   meyerap informasi 
o   mengingat kembali
o   menghafal
o   mengurutkan
o   mengartikan / mendefinisikan
o   menyebutkan kembali
o   memberi nama
o   menceritakan kembali
Peran peserta didik dalam kegiatan belajar yang banyak menggunakan pertanyaan tingkat rendah adalah sebagai peserta belajar yang menerima informasi secara pasif. Pertanyaan / penugasan jenis ini biasanya hanya memiliki satu jawaban benar.



Pertanyaan tingkat sedang : Mengembangkan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan/C3
Tujuan
Kata kerja yang biasa dipakai
Tujuan: Mengembangkan kemampuan peserta didik untuk menggunakan atau menerapkan informasi / pengetahuan yang dipelajarinya. 

Pertanyaan tingkat sedang ini sudah memasuki ranah kemampuan berpikir dengan tingkat yang lebih tinggi dan lebih menantang dari pada hanya menghafal.
o  Hitunglah ....
Hitunglah soal-soal perkalian di bawah ini.
Berapakah luas atau keliling kelas kita ini. 
o  Lakukan  ....
Lakukan drama satu babak tentang peristiwa penculikan Bung Karno hingga pembacaan teks Proklamasi.
o  Buatlah ....
Buatlah model-model gunung berapi di Indonesia.
o  Terjemahkan….
Terjemahkan paragraf berikut ini.
o  Operasikan ....
Operasikan penggunaan pesawat telepon ini.
o  Tunjukkan / demonstrasikan/peragakan ....
Peragakan dengan gerakan kelompokmu urutan dan pergerakan planet-planet beserta satelitnya dalam sistim tata surya kita.
o  Praktikkan ....
Praktikkan bagaimana cara memperkenal diri dengan Bahasa Inggris dalam situasi formal dan tidak formal.
o  Tuliskan ....
Tulislah surat e-mail perkenalan untuk teman baru yang kamu temukan di website friendster. 
o  Ubahlah ....
Ubahlah gambar lingkungan yang kumuh ini menjadi   lingkungan yang sehat dan beri keterangan.
o  Golongkan ....
Golongkan sampah-sampah di sekolah ini menurut klasifikasi sampah yang kamu kenal.
o   Memecahkan masalah ....
Pecahkanlah masalah .... / Cari jalan keluar dari permasalahan tersebut.
Yang dilakukan guru:
o   menunjukkan
o   memfasilitasi
o   mengamati
o   mengorganisasi
o   mengevaluasi kinerja peserta didik

Yang dilakukan peserta didik:
o   memecahkan masalah
o   mendemonstrasikan / menunjukkan penggunaan pengetahuan
o   menghitung
o   mempraktikkan
o   meragakan
o   menerapkan pengetahuan
Dalam kegiatan belajar dengan pertanyaan jenis kedua ini peserta didik menjadi peserta pembelajaran yang aktif mencoba dan mempraktikkan pengetahuan mereka.


Pertanyaan tingkat tinggi: Mengembangkan kemampuan peserta didik untuk mengkreasi dan memberikan pendapat / penilaian pribadi / C5 DAN C6
Tujuan
Kata kerja yang biasa dipakai/ C5
Mengembangkan kemampuan peserta didik untuk menciptakan hal-hal baru (gagasan/ide, informasi, produk, cara pandang) dengan menggunakan pengetahuan yang telah mereka pelajari sebelumnya. 

o   Buatlah ....
Ayo membuat gambar kue ulang tahun yang indah seindah yang kalian inginkan.
o   Rancanglah ....
Rancanglah beberapa menu sehat untuk 3 hari.
o   Kembangkan ....
Kembangkan sebuah rencana kampanye anti penggunaan narkoba (narkotik dan obat-obatan terlarang) beserta jinggle anti narkoba.
o   Karang ....
 Karanglah sebuah cerita persahabatan dengan latar belakang perselisihan antar suku.   
o   Ciptakan ....
 Ciptakanlah sebuah rancang bangun kendaraan untuk akhir abad 21.
o   Tulis ....
 Dengan memakai sudut pandang Malin Kundang, tulislah
 sebuah surat yang menceritakan konflik antara si Malin  
 dengan ibunya.
Yang dilakukan guru:
o memfasilitasi
o memberi kesempatan
o mendorong
o mengevaluasi

Yang dilakukan peserta didik:
o   mendisain
o   membangun/membuat/mencipta
o   mengusulkan
o   menyempurnakan
o   mengambil resiko (karena menciptakan hal baru)
o   mengemukakan sudut pandang baru
Tujuan
Kata kerja yang biasa dipakai / C6
mengembangkan kemampuan peserta didik untuk membuat keputusan ber-dasarkan refleksi / perenungan, kritik, dan penilaian yang sungguh-sungguh dari peserta didik sendiri.






o   Ramal  ....(berdasarkan data / informasi / pengetahuan yang dimiliki)
Hutan di desa diubah menjadi ladang jagung. Apa saja yang mungkin terjadi karena perubahan itu (Peserta didik membuat dugaan / ramalan: Jika hujan turun deras terus menerus, maka bukit akan longsor karena ....)
o   Tentukan ....
Tentukan alat ukur manakah yang lebih cocok untuk mengetahui berat sebutir buah jeruk. Berikan alasanmu.
o   Simpulkan....
Amatilah semua bagian sekolah ini. Simpulkan apakah para guru dan peserta didik di sekolah ini telah menjalankan ajaran “kebersihan adalah sebagian dari iman”. Berikan penjelasan untuk kesimpulan kalian.
o   Nilailah (menilai) ....
Menurut penilaianmu, apakah Malin Kundang satu-satunya yang bersalah dalam peristiwa tersebut? Mengapa?
o   Usul….
Jajanan apakah yang bisa kamu usulkan ke pengelola kantin supaya kantin menjual makanan yang lebih sehat? 
Yang dilakukan guru:
o   mendengarkan
o   menerima
o   mengklarifikasi
o   membimbing
Yang dilakukan peserta didik:
o   memberikan pendapat, berbeda pendapat, mempertahankan pendapat, berdebat, menerima/mengubah pendapat
o   membandingkan
o   mengkritik, mempertanyakan
o   membuat kesimpulan / rekomendasi /usulan
o   menilai
o   memberikan justifikasi (memberikan alasan untuk pembenaran)
o   menjadi peserta aktif dalam pembelajaran


Related Posts

0 comment:

Post a Comment