Contoh Penyakit yang disebabkan Virus

shares |

Mengalami masalah kesehatan adalah sesuatu yang menjengkelkan bagi kebanyakan orang. Sebab seringkali menurunnya kesehatan dan kebugaran tubuh dapat mengakibatkan menurunnya aktivitas kita sehingga menjadi  tidak produktif. Oleh sebab itu, kita perlu menjaga kesehatan tubuh kita supaya tidak terserang penyakit.

Salah satu penyebab terganggunya kesehatan adalah dikarenakan terserang virus. Virus mampu menyerang anggota badan tertentu sehingga menyebabkan seseorang terkena penyakit. Mengenai struktur virus, akan dijelaskan dalam artikel yang berbeda. Namun anda dapat mengamati terlebih dahulu tentang struktur virus berikut:

struktur virus

Nah, setelah mengetahui struktur virus, ada baiknya kita mengambil sebuah contoh tetang salah satu penyakit yang disebabkan oleh serangan virus. Penyakit tersebut adalah penyakit gondok.

Seperti biasa gambar ini kami kumpulkan dari internet sebagai tugas siswa mata pelajaran IPA yang bertema kontekstual dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti apa penyakit gondok tersebut? cermati gambar berikut:

penyakit akibat virus

Pernahkah anda melihat seseorang terkena penyakit gondok? penyakit tersebut berupa tonjolan di leher yang cukup besar. lalu apa penyebab penyakit gondok?

Penyakit gondok disebabkan oleh membesarnya kelenjar tiroid pada leher. Hubungan antara penyakit ini dengan kurangnya konsumsi yodium telah diketahui lebih dari 130 tahun yang lalu. Beberapa abad sebelumnya, penyakit gondok ditangan I dengan mengkonsumsikan pasien benda yang kaya akan yodium seperti karang laut yang dibakar. Yodium berinteraksi dengan protein yang disebut dengan thyroglobulin, dan cincin aromatik dari protein teriodinisasi. Dua dari molekul yang teriodinisasi tersebut berinteraksi, membentuk suatu unit thyroxine yang berikatan dengan protein. Unit aromatik ini kemudian lepas dan menghasilkan suatu hormon tiroid thyroxine yang sangat kuat. []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment