Mari Menyemprot! Upaya pencegahan demam berdarah

shares |

Halo, selamat pagi sobat chemistricks! Apa kabar kalian semua, semoga hari ini menjadi hari yang cerah untuk kita semua. Saya berharap kalian senantiasa dalam perlindungan-Nya dan selalu diberikan nikmat kesehatan dan nikmat-nikmat yang lain oleh-Nya. Seperti artikel sebelumnya, dalam kategori gambar ipa ini kami akan membagikan poster gratis untuk anda. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan poster tentang cara mencegah demam berdarah.

Demam berdarah tidak dapat dipandang secara sepele. Virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk aides aigepty ini pernah tercatat sebagai pembunuh nomor satu. Ini tentu sangat mengkhawatirkan. Untungnya, pemerintah sangat tanggap terhadap hal ini. Oleh sebab itu, banyak sosialisasi maupun penyuluhan yang dilakukan kepada masyarakat untuk membuat gerakan pencegahan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan penyemprotan.

Seperti biasa Poster ini kami kumpulkan dari internet sebagai tugas siswa mata pelajaran IPA yang bertema kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan salah satu contoh tugas yang berhasil dikumpulkan oleh siswa kami di SMK. yaitu, ia cara pencegahan demam berdarah dengan menyemprot cairan. Silahkan cermati gambar berikut:

cara mencegah demam berdarah dengan penyemprotan

 

Demam berdarah secara sederhana dapat dicegah dengan membersihkan tempat-tempat yang sekiranya dapat dijadikan sebagai sarang nyamuk untuk berkembang biak. Dalam gambar tersebut setidaknya terdapat empat tempat yang dapat disemprot.

Pertama di ruangan. Hal ini dilakukan untuk datangnya nyamuk sekaligus mengusir maupun membunuh nyamuk yang telah singgah ke rumah kita. Tentu saja Anda dapat menjauhkan anak-anak terlebih dahulu dari bahaya menghirup bau cairan tersebut. Selain itu dianjurkan untuk menutup makanan supaya tidak terkena semprotan tersebut.

kedua di selokan maupun got. Pada pembahasan sebelumnya, kita tahu bahwa tidak selamanya got yang penuh dengan air kotor dan comberan menjadi sarang nyamuk, tetapi bisa jadi selokan yang mengalir air sudah cukup dapat digunakan sebagai tempat berkembang biak nyamuk. Oleh sebab itu, selokan adalah salah satu tempat yang wajib kita semprot sebagai upaya pencegahan penyakit demam berdarah.

ketiga di kamar mandi. bak mandi merupakan tempat favorit untuk bertelur bagi nyamuk. Airnya yang cenderung tenang bersih mungkin disukai nyamuk. Tidak jarang kita kadang melihat nyamuk berada di sekitar kamar mandi terutama di bak mandi. itulah sebabnya kita dianjurkan untuk menguras bak mandi secara berkala untuk mencegah bak mandi sebagai tempat berkembang biak nyamuk.

keempat, disekitar tempayan. Sebagaimana disampaikan di atas, bahwa nyamuk menyukai air yang tenang. oleh sebab itu tempat tersebut dapat dilakukan penyemprotan. Namun sebagaimana pada poin pertama tadi, kita harus berhati-hati dalam melakukan penyemprotan. Kita harus memastikan tempayan tertutup rapat. Ini berfungsi untuk mencegah air tersebut tercemar. Tempayan juga perlu dikuras secara berkala untuk menjaga kebersihannya.

Demikian artikel sederhana yang perlu kita lakukan. Semoga bermanfaat. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan supaya dapat beraktifitas dengan baik. Semakin banyak beraktifitas, semoga semakin banyak kebaikan yang kita lakukan kepada orang lain. Selamat pagi! []

Related Posts

0 comment:

Post a Comment