Daftar Istilah Penting Materi Pencemaran Lingkungan

shares |



Berikut merupakan daftar istilah penting dalam materi pencemaran lingkungan mata pelajaran IPA SMK Kelas XII. Daftar ini disusun untuk memudahkan siswa siswi yang saya ampu untuk memahami lebih lanjut berkaitan dengan istilah-istilah yang digunakan dalam pembelajaran.  

No
Istilah
Pengertian
1.        
Air sadah            
air yang mengandung beberapa jenis mineral jenis mineral yang menyebabkan air menjadi keruh dan mengurangi daya kerja sabun.
2.        
Akuades             
air hasil penulingan, air murni tidak mengandung mineral.
3.        
Antiredeposisi 
mencegah menemplenya kembali partikel yang telah lepas.
4.        
Biodegradabel
bersifat dapat diuraikan oleh makhluk hidup [mikroorganisme]
5.        
Daur ulang        
pemrosesan kembali bahan yang pernah dipakai menjadi produk baru.
6.        
dB = desibel      
satuan ukuran untuk mengukur intensitas suara.
7.        
Enzim                 
protein molekul kompleks yang membantu mempercepat berbagai proses kimia
8.        
Faal
kerja alat tubuh sebagaimana mestinya.
9.        
Hidrolisis
pemecahan senyawa kimia melalui penambahan air
10.    
Hujan asam
air hujan yang mengandung asam.
11.    
Kertas lakmus
kertas yang berfungsi untuk mengetahui tingkat keasaman suatu larutan.
12.    
Ozon
lapisan udara yang terdapat di atmosfer berasal dari oksigen yang megalami perubahan akibat adanya aliran listrik daripetir atau sinar ultra violet matahari.
13.    
pH
kadar asam [pengukuran derajat keasaman], bahan yang mempunyai derajat keasaman kurang dari 7 bersifat asam dan lebih dari 7 bersifat basa.
14.    
Partikel 
bagian terkecil benda dan berdimensi, seperti butir pasir, elektron, atau atom molekul.

Berikut merupakan Soal Diskusi yang dapat digunakan untuk merangsang pengetahuan siswa terhadap lingkungan.
1.     Terumbu karang dapat diolah menjadi hiasan rumah yang unik dan banyak digemari konsumen dari luar negeri. Hal ini menyebabkan hasil karya berbahan terumbu menjadi produk ekspor bernilai tinggi. Semakin banyak diekspor, devisa negara meningkat. Kurang lebih itulah segi menguntungkannya, akan tetapi merugikan bagi ekosistem perairan sehingga harus dihentikan. Dapat disimpulkan bahwa dampak negatif yang ditimbulkan lebih besar, maka terumbu karang harus dilestarikan. Jelaskan 5 dampak negatif terhadap organisme perairan jika terjadi kerusakan terumbu karang!
2.     Penangkapan ikan dengan menggunakan racun akan mempercepat perolehan ikan oleh manusia. Hal ini dapat menguntungkan nelayan, tetapi merusak lingkungan. Jelaskan mengapa demikian?
3.     Pada saat ini sudah banyak dikembangkan produk pangan dengan memanfaatkan bahan nonpangan. Salah satunya seperti yang dilakukan penduduk di daerah Kartika Jaya, Kendal. Daun dari tanaman bakau diolah mejadi kripik, selain itu ekstrak daunnya untuk pewarnaan batik. Dari hal tersebut tentu limbah pewarnaan batik relatif tidak mencermari lingkungan dan produk pangan menjadi lebih beragam sehingga dapat mengatasi jika seandainya terjadi kelangkaan bahan pangan. Jelaskan 1 contoh kegiatan serupa seperti yang dicontohkan pada informasi soal berdasarkan pengetahuan yang Anda miliki![]

Related Posts

0 comment:

Post a Comment