Cara Membuat Buah Lebih Cepat Matang

shares |

Buah-buahan yang segar tidak hanya lezat, tetapi juga sehat. Tapi terkadang, buah yang anda petik atau anda beli tidak cukup matang ketika anda ingin memakannya. Jika anda ingin buah anda matang dengan cepat, jangan meletakkannya di dalam lemari es atau hanya meletakkannya di atas mangkuk buah begitu saja. Menaruhnya di dalam lemari es tidak akan membuat buah cepat matang. Yang terjadi justru sebaliknya, hal ini dapat memperlambat proses pematangan.

Anda dapat mempercepat proses pematangan semua jenis buah yang masih mentah dengan cara di bawah ini.

1. Yang pertama anda butuhkan disini adalah sebuah kantong kertas. Jika tidak ada, kertas koran bekas atau kertas apa pun dapat anda pakai.

2. Kemudian buat lubang kecil pada setiap sisi kantong kertas atau kertas yang anda gunakan untuk mematangkan buah. Namun, jangan membuat lubang terlalu banyak, karena lubang ini hanya ditujukan untuk menjaga kelembaban buah saja.

3. Tempatkan buah mentah yang ingin anda matangkan di dalam kantong kertas. Jika anda ingin buah anda lebih cepat matang, letakkan juga apel atau pisang yang sudah masak pada kantong kertas. Pisang atau apel matang ini akan melepaskan gas etilen, yang membantu untuk mempercepat proses pematangan.

4. Lipat kantong kertas sehingga bagian atas tertutup dengan rapat, kemudian letakkan kantong kertas pada suhu kamar.

5. Periksa buah mentah anda setiap hari dan segera keluarkan jika buah sudah matang agar buah tidak terlalu matang. Waktu pematangan buah sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor termasuk jenis buah, tingkat kematangan buah ketika ditempatkan pada kantong kertas, dan suhu serta kelembaban di dalam ruangan.

Mengapa Buah Lebih Cepat Matang Ketika Dimasukkan ke Dalam Kantong Kertas?

Ketika buah dipetik atau saat cuaca memberi sinyal untuk memulai proses pematangan buah, buah akan melepaskan gas etilen. Gas ini menyebabkan sel buah untuk membuat semua perubahan yang terlibat dengan proses pematangan. Perubahan tersebut mencakup klorofil yang dipecah sehingga menyebabkan perubahan warna, pati yang diubah menjadi gula dan membuat buah terasa manis, mengurai asam yang menyebabkan buah tidak lagi terasa masam, dan dipecahnya pektin sehingga membuat buah lebih lunak.

Kantong kertas digunakan karena sangat baik dalam memerangkap gas etilen. Menaruh buah dalam kantong kertas yang ditutup dengan cukup rapat akan memerangkap gas etilen, sehingga dapat mempercepat pematangan buah. Namun jangan menutup kantong kertas terlalu rapat atau menggunakan kantong plastik, karena hanya akan membuat buah menjadi terlalu lembab, sehingga jamur bisa ikut tumbuh. Jika anda benar-benar ingin mematangkan buah dengan cepat, letakkan buah yang ingin anda matangkan di kantong kertas dengan sebuah apel atau pisang yang telah masak, karena pisang dan apel menghasilkan lebih banyak gas etilen dibandingkan buah lain.

Bolehkah Mematangkan Buah dengan Menggunakan Karbit?

Karbit juga dapat digunakan untuk mematangkan buah. Karena karbit yang bereaksi dengan air akan menghasilkan gas asetilena (etilena), yang juga dapat mempercepat proses pematangan buatan. Namun, pemakaian karbit ini sering meninggalkan jejak racun arsenik dan fosfor yang membuatnya menjadi berbahaya bagi kesehatan manusia. Sehingga penggunaan karbit untuk tujuan mematangkan buah dianggap ilegal di sebagian besar negara.

Sumber referensi: http://www.berbagaihal.com/2012/04/cara-membuat-buah-lebih-cepat-matang.html

Related Posts

0 comment:

Post a Comment