BENARKAH Solar DIcampur Bensin BISA jadi Pupuk?

shares |

Saat ini teknologi pertanian sudah sangat pesat. Namun dikarenakan situasi politik dan ekonomi yang tidak menentu, menyebabkan petani harus menanggung kerugian yang terus menerus. Salah satunya akibat situasi politik yang berujung pada ketidakstabilan ekonomi, menyebabkan harga-harga menjadi tinggi. Belum lagi banyaknya mafia yang mempermainkan harga dan mengatur sedemikian rupa sehingga barang kebutuhan pokok menjadi langka.

Salah satu kebutuhan pokok bagi para petani adalah pupuk. Kelangkaan maupun mahalnya harga pupuk harus segera diatasi. Baru-baru ini saya menemukan sebuah artikel yang menarik yang secara tidak sengaja saya temukan dari file-file yang tersimpan di komputer pribadi saya. Berikut merupakan artikel yang saya kutip dan saya cantumkan sumbernya di akhir artikel. Tulisan ini memuat tentang alternatif pupuk yang perlu dilakukan riset lebih lanjut. Benarkah solar dicampur bensin bisa menjadi pupuk? apabila jawabannya iya, tentu kabar ini sangat menggembirakan. Oleh sebab itu, silahkan simak artikel berikut ini:

Kepala Dinas Pertanian, Zukri Harmain, Kamis, mengatakan seorang petani di Limboto, Syafrudin, berhasil meracik kedua bahan bakar tersebut sebagai bahan dasar pupuk yang mampu meningkatkan produksi pertanian.
Dengan melakukan uji coba pada kedua bahan bakar tersebut di areal persawahan, Syafrudin mampu meningkatkan produksi pertanian sebesar 40 persen.
"Jika selama ini, banyak orang berpendapat bahwa bahan bakar seperti bensin dan solar bisa membuat tanaman mati, namun dari hasil uji coba yang dilakukan para petani di daerah ini ternyata bisa mementahkan pendapat tersebut," kata Zukri.
Uji coba di atas lahan seluas sembilan hektar yang ada di Kecamatan Telaga dan Mootilango, membuktikan pupuk dari bahan dasar bensin dan solar ternyata mampu menyuburkan tanaman.
"Inovasi ini pun mulai dikenal luas di kalangan petani di daerah ini," ungkapnya.
Syafrudin berhasil mengubah sifat bahan bakar solar dan bensin menjadi bahan penyubur tanaman.
"Ini inovasi yang sangat berharga, yang diharapkan mendapat dukungan sepenuhnya pemerintah daerah," kata Zukri.
Rencananya, pihaknya akan memperkenalkan pupuk dari bensin dan solar itu pada pemerintah provinsi, agar mendapat dukungan yang lebih luas lagi sehingga nantinya bisa dikembangkan di seluruh wilayah Gorontalo. []

Demikian artikel yang memuat kemungkinan solar dan bensin bisa menjadi bahan penyubur tanaman, semoga bermanfaat.

sumber :http://www.antaranews.com/berita/296...-sebagai-pupuk Thursday, February 9, 2012

Related Posts

0 comment:

Post a Comment