Bagaimana larutan elektrolit menghantarkan listrik??

shares |



berikut merupakan materi tentang elektrolit, bagaimana sih caranya elektrolit menghantarkan listrik? untuk memahami hal tersebut, mari kita simak artikel berikut dengan tuntas!

Cara larutan elektrolit menghantarkan listrik terdapat pada peristiwa elektrolisis. Kedua elektrode yang berbeda dimasukkan ke dalam larutan elektrolit. Kedua elektrode tersebut diberi muatan dengan dihubungkan pada sumber arus sehingga terbentuk Katode bermuatan Negatif dan Anode bermuatan Positif (KNAP). Ketika sumber arus terhubung, Kation dalam larutan elektrolit menangkap elektron dari Katode. Sebaliknya, Anion dalam larutan elektrolit melepas elektron ke Anode. 


Selanjutnya, elektron yang telah ditangkap Anode mengalir ke katode melalui sumber arus. Akibat pelepasan dan penerimaan elektron oleh ion-ion inilah yang menimbulkan arus listrik. Aliran listrik dapat terus berlangsung sampai kation dan anion dalam larutan habis.
Berikut ini contoh cara larutan HCl dalam menghantarkan listrik. Larutan HCl di dalam air terurai menjadi ion hidrogen bermuatan positif (H+) dan ion klorida bermuatan negatif (Cl-).
HCl (aq) à H+ (aq) + Cl- (aq)
Hantaran listrik pada larutan HCl terjadi karena ion H+ menangkap elektron dari katode dengan membebaskan gas hidrogen.
2 H+ (aq) + 2e- à H2 (g)
Sementara itu, ion Cl- melepaskan elektron ke anode dengan menghasilkan gas klorin.
2 Cl- (aq) à Cl2 (g) + 2 e-
Gambar 1. Cara Larutan elektrolit menghantarkan listrik
Karakter Bangsa
Chemistry For Better Life
Kreatif
Garam dapur menyegarkan tubuh
Buatlah bagan atau gambar cara beberapa larutan elektrolit dalam menghantarkan listrik. Anda dapat menentukan sendiri jenis larutan elektrolitnya. Berilah warna untuk membedakan katode, anode, dan ion-ionnya. Anda dapat berkreasi sesuai keinginan.
Garam dapur (NaCl) bersifat elektrolit kuat. Jika dilarutkan ke dalam air, NaCl akan mengalami ionisasi menjadi Na+ dan Cl-, ion-ion hasil penguraian NaCl tersebut akan memperbesar tegangan permukaan air. Ketika air tersebut disiramkan ke dalam tubuh, air tersebut akan membantu membuka pori-pori tubuh menjadi lebih lebar. Penguapan tubuh menjadi lebih cepat terjadi. Dengan demikian, tubuh yang gerah/capai jika disiram dengan air garam dapur akan menjadi segar kembali.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment